-->

Ini Dongeng Trengginas di Rumah Pintar Punggur

Sekali lagi, cuaca sepertinya menguji mental kami. Di sebagian wilayah kearah Punggur kecil diguyur hujan. Lebat. Sedang kabar di pesan berantai memyampaikan ‘anak-anak sudah menunggu sejak jam dua siang’ .
    
Jumat, 26 Maret 2021,lanjutan rangkaian kegiatan menyambut hari dongeng se-dunia. Kali ini di Rumah Pintar Punggur Cerdas, Parit Tembakul, Punggur Kecil, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.
 
Sesampainya di lokasi riuh reda anak-anak bersorak. Lebih dari 60 orang yang hadir. Belum lagi  salam terucap, apalagi merapikan baju yang sebagian basah terkena hujan. Mereka sudah mengucapkan selamat datang. Semangat’
   
Tak menunggu lama.  Karena hari sudah menjelang sore, Kegiatan langsung di buka. Umilia, pengasuh Rumah Pintar punggur cerdas membuka kata. Tak lupa anjuran anak-anak untuk tertib dan mengucapkan terima kasih. 

Para penggiat literasi di Kubu Raya pun seolah langsung terbakar semangat. Bersiap sebentar. Lalu beraksi. Kali ini ada cerita rakyat  berjudul Pak Usu Raut. 

Dimulai dari Andi Supandi, penggiat literasi yang juga tinggal di Punggur, tepatnya di Parit Nenas. Berbagi cerita ia dengan Hidayatullah, penggiat literasi dari Parit Rintis, Punggur yang baru saja melepas masa lajangnya. 

Pradono, seorang sastrawan dan aktor kawakan kalbar sekali lagi hadir dengan cerita rakyat Asal Usul Pantai Kijing. ‘Siapa yang tahu pantai Kijing?’ katanya. Di susul dengan banyak nya telunjuk tangan yang mengacung dan kata ‘ saayyyyyyyyaaaa’ yang membahana. 

Sebagian besar anak-anak sudah sangat mengenal dan akrab dengan kami. Karena beberapa waktu lalu pernah bersama-sama mementaskan cerita Abu Nawas Ingin Terbang kedalam pertunjukkan drama. Saat peluncuran Gerakan Literasi Membacakan di aula kantor bupati Kubu Raya. 

Tak heran, kesempatan keempat dari rangkaian mendongeng  berada di Rumah Pintar Punggur Cerdas, Parit Tembakul, Punggur Kecil ini terasa lebih emosional dan tanpa sungkan mereka berinteraksi.

Pelaksanaan rangkaian kegiatan memperingati Hari Dongeng berlangsung sejak tangga 12  hingga direncanakan 28 maret.  

Dimulai dengan diskusi, persiapan, pelatihan bagi para penggiat literasi. Hingga proses mendongeng, membacakan cerita di sejumlah taman baca di Dusun Wonosari Tebang Kacang, Dusun Lingga Selatan, Tanjung Saleh, Rasau Jaya, Punggur Kecil serta beberapa lokasi lainnya di Kabupaten Kubu Raya.

Penerapan protokol kesehatan menjadi hal penting dalam setiap kegiatan ini. "Setelah di Punggur Kecil, selanjutnya kami akan mendongeng di Sui Kupah dan Di Sui Tekong," kata Ahmad Sofian. (R/#6)



Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter