-->

KS

Tata Cara Pilih Benih Padi Berkualitas di Kalimantan

inidata.id - Mendukung program pemerintah meningkatkan swasembada pangan di daerah, Kodim 1205/Sintang  didampingi petugas penyuluh pertanian lapangan (PPL) menyeleksi benih padi berkualitas di lahan Demplot Kodim Sintang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. 

Setelah Om dan Tante membaca artikel ini bisa mendukungnya dengan cara nyawer melalui tombol di bawah:

    Dukung Inidata.id tetap ada 

Kegiatan ini guna memperoleh hasil yang optimal dalam mengolah lahan sawah Demplot Kodim Sintang (Eks Lapangan Terbang Susilo Sintang) yang akan disosialisasikan kepada masyarakat.

Sri selaku petugas PPL Sintang menjelaskan tata cara pemilihannya cukup mudah dan sederhana, yaitu dengan menyiapkan bahan-bahannya berupa garam, telur ayam, ember dan air.

Dia menjelaskan cara pemilihannya, yang pertama adalah dengan melarutkan garam ke dalam air. Kemudian gunakan telur ayam untuk mengetesnya, jika telur tersebut masih tenggelam berarti garamnya harus ditambah lagi.

Dia mengatakan, apabila sudah ditambah garam maka masukkan kembali telurnya, jika mengapung berarti kadar garam dalam air sudah cukup, kemudian tinggal masukkan benih padi ke air tersebut.

"Setelah itu masukkan benih padi ke dalam air. Jika padinya tenggelam berarti itulah benih unggul, sedangkan benih yang mengambang kualitasnya kurang bagus. Itulah cara seleksi benih padi yang berkualitas, mudah kan," katanya.

Pasiter Kodim 1205/Sintang Kapten Infanteri Didik Heru, menuturkan, kegiatan seleksi benih padi yang berkualitas kita lakukan untuk memberikan contoh kepada masyarakat, dan nantinya dapat digunakan untuk menunjang kualitas padi yang dihasilkan.

"Kodim selalu mendukung pemerintah dalam meningkatkan swasembada pangan di daerah," katanya. 

Setelah Om dan Tante membaca artikel ini bisa mendukungnya dengan cara nyawer melalui tombol di bawah:

    Dukung Inidata.id tetap ada 

Related Posts

Posting Komentar

Kiri Ads

NA

Advertisement

Subscribe Our Newsletter