-->

KS

Menakar Rumah Produksi Mentaya Sweet di Kalimantan Tengah

inidata.id - Selain melaksanakan peninjauan serbuan vaksinasi, dalam kunjungan kerjanya ke wilayah Kalimantan Tengah, Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad juga mengunjungi Rumah Produksi Mentaya Sweet yang terletak di Desa Basawang, Teluk Sampit, Kotawaringin Timur.


Rumah Produksi Mentaya Sweet merupakan milik PT. Rimba Makmur Utama. Rumah produksi ini memiliki produk unggulan berupa Gula Kelapa, VCO, Kacang Mete dan Kopi. 

Untuk bahan baku produksinya, rumah produksi ini memberdayakan masyarakat sekitar. Ini sebagai upaya untuk menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat tanpa harus membuka hutan.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad mengapresiasi Rumah Produksi Mentaya Sweet karena dalam usahanya memberdayakan masyarakat. Sehingga masyarakat tidak lagi membuka hutan yang beresiko mengakibatkan Karhutla.

"Dengan masyarakat diberdayakan tentunya mereka akan mendapatkan pekerjaan. Ini bisa mendukung dalam upaya pencegahan Karhula," kata dia.

Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

General Manager PT Rimba Makmur Utama Taryono Darusman menyampaikan, bahwa perusahaan yang dipimpinnya melakukan program pemberdayaan masyarakat. 

"Masyarakat kita kasih modal dan bibit diantaranya Mete dan Kelapa. Adapun hasilnya kita beli dan produksi sendiri dan kita bantu pasarkan. Selain ada mete ada juga gula kelapa dan minyak VCO serta ada lagi kopi. Saat ini kita program pengembangan kopi sama jahe merah," ujar Taryono Darusman.

Setelah Om dan Tante membaca artikel ini bisa mendukungnya dengan cara nyawer melalui tombol di bawah:

Dukung Inidata.id tetap ada  

Related Posts

Posting Komentar

Kiri Ads

NA

Advertisement

Subscribe Our Newsletter