-->

KS

Video: Kabar Terbaru Kondisi Gambut di Kalimantan Barat


inidata.id - World Agroforestry (icraf) Indonesia mempertemukan para Peneliti Muda Gambut (PMG) dengan perwakilan media Kalimantan Barat pada Rabu, 7 Juli, 2021, untuk berbagi hasil kajian lapang dari desa-desa di wilayah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. 

Setelah Om dan Tante membaca artikel ini bisa mendukungnya dengan cara nyawer melalui tombol di bawah:

Sebanyak 55 peneliti muda telah terjun ke lapangan dengan didampingi para peneliti ICRAF sejak Februari, 2021. Mereka berinteraksi dengan petani gambut serta para penggiat gambut untuk memngungkap berbagai pengetahuan, pembelajaran, dan opsi intervensi untuk pengelolaan lahan gambut secara berkelanjutan di Kalimantan Barat, khususnya di Kabupaten Kubu Raya.

Dalam keterangan resminya, peneliti senior ICRAF, Gerhard Manurung, mengatakan PMG merupakan salah satu prakarsa dalam Program Peat-IMPACTS, ICRAF Indonesia. Kegiatan di Kalimantan Barat ini adalah yang kedua setelah program serupa rampung di Sumatera Selatan.

Inisiatif menyediakan wadah bagi anak muda yang memiliki semangat dan antusiasme untuk terlibat dalam penelitian tentang berbagai aspek dalam pertanian di lahan gambut, selaras dengan aksi penelitian Peat-IMPACTS.

Koordinator Peat-IMPACTS Provinsi Kalimantan Barat Happy Hendrawan juga turut hadir dalam acara Ngopi Pagi Bareng Media yang diselenggarakan di Qubu Resort. Seluruh aksi riset dalam Peat-IMPACTS dikemas dalam jenama #PahlawanGambut untuk penyebarluasan informasi mengenai riset dan capaiannya.

Setelah menunaikan tugas penelitian lapangan di beberapa desa di Kabupaten Kubu Raya, para peneliti muda, yang tergabung dalam Inkubator Peneliti Muda Gambut (IPMG) menyampaikan temuan lapangan kepada masyarakat melalui media. 

Tiga perwakilan peneliti muda menyampaikan temuan lapangan mereka adalah Riska Masyura, Zaki Ruhyaman, dan Nurhayatun Nafsiyah. Hadir juga perwakilan perguruan Kalimantan Barat Profesor Dr Gusti Zakaria, Anshari, MES.

Related Posts

Posting Komentar

Kiri Ads

NA

Advertisement

Subscribe Our Newsletter