-->

Advertisement

KS

Cara Membatik Tulis dari Proses Desain di Tengah Pandemi

inidata.id - Membatik tulis, inilah cara bagaimana mengembangkan kreativitas emak-emak di Sungai Putat, Kelurahan Siantan Hilir, Kecamatan Pontianak, Utara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat di tengah pandemic COVID-19. 

Setelah Om dan Tante membaca artikel ini bisa mendukungnya dengan cara nyawer melalui tombol di bawah:
Dukung Inidata.id tetap ada

“Pagebluk belum berakhir, bukan berarti kita diam saja. Tapi, harus membuat kreativitas,” kata Ketua Kreasi Sungai Putat, Syamhudi, Sabtu, 4 September 2021.

Mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Provinsi Kalimantan Barat ini bilang, hari ini menerima emak-emak di Sungai Putat dikunjungan ibu-ibu dari Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Supadio Pontianak demi melihat cara dan mempraktikan cara membatik tulis dari proses desain sampai pelorotan (pelepasan malan).

“Hal ini tentunya cukup menarik bagi kami karena menjadi ruang mengenalkan hasil karya batik tulis motif Gampar (gambut dan paret) dan motif lainnya berkarakter khas Kalimantan Barat,” kata Syamhudi, yang juga menjabat sebagai Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) Provinsi Kalimantan Barat ini.

Selain itu, kata dia juga membuka ruang penghasilan bagi warga atau emak-emak yang tergabung dalam Art Culture Kreasi Sungai Putat di tengah pandemi seperti ini. 

Setelah Om dan Tante membaca artikel ini bisa mendukungnya dengan cara nyawer melalui tombol di bawah:
Dukung Inidata.id tetap ada

“Terjualnya karya batik tulis yang ada memberikan secercah harapan dan angan buat kami di sini,” kata lelaki yang mendapat penghargaan kategori Komunitas Peduli Sungai dari Kementerian PUPR tahun 2019 ini.

Syamhudi  mengingatkan dan menegaskan, yang terpenting juga Art Cukture Kreasi Sungai Putat selain wadah  gerakan ekonomi hijau warga, juga menjadi wadah kampanye lingkungan dengan pendekatan budaya melalui goresan batiknya.


Related Posts

Posting Komentar

Kiri Ads

NA

Subscribe Our Newsletter