• Sabtu, 28 Mei 2022

Gerai Bebas Bea Dalam Kota Perusahaan Patungan Sarinah, Apa Saja?

- Jumat, 25 Februari 2022 | 12:27 WIB

inidata.id - PT Sarinah, beserta perusahaan global travel retail ternama, DUFRY International AG, dan Groupo Industrial Omega SA de CV yang awal Februari lalu telah menandatangani Perjanjian Usaha Patungan (Joint Venture Agreement) kini siap mewujudkannya pada duty-free shop saat Sarinah dibuka Juni 2022 mendatang. 

Dufry adalah sebuah perusahaan duty-free terkemuka di dunia yang berkantor pusat di Switzerland, didirikan pada tahun 1865. Dufry memiliki dan mengoperasikan lebih  dari 2400 outlet di berbagai belahan dunia dengan jumlah pelanggan dan pengunjung sebesar 2.5 milyar orang/tahun adalah market leader global bisnis duty-free. Dufry juga pemilik jaringan retail shop Hudson Corporation.

Fetty Kwartati menggaris bawahi bahwa, kerjasama ini sejak dirintis hingga kini sampai pada realisasinya merupakan sebuah upaya yang cukup panjang dan menuntut Sarinah menyempurnakan DNA managementnya untuk menjadi worldclass retail player. 

Sarinah bisa banyak belajar global consumers insight dari Dufry. Jika Sarinah yang bertransformasi menjadi Community Mall dan lokomotif mesin pengerak UMKM dan produk nusantara unggulan ini dapat memanen rantai nilai dan rantai pasok Dufry, maka Sarinah dapat turut membawa gerbong produk UMKM, dan usaha perempuan ke pasar global. 

Sebaliknya Dufry dapat memperoleh akses pasar di Indonesia dimana peran Sarinah juga cukup instrumental karena ada wadahnya, ada pembinaannya, ada jejaring yang luas karena Sarinah juga ada dalam payung Holding Pariwisata. 

Akses kepada bandara internasional di Indonesia misalnya juga akan sangat bermakna bagi Dufry dalam melebarkan sayap bisnis bebas bea di Indonesia.

Dalam rangka memperkenalkan program down town duty-free shop ini, maka Sarinah bersama dengan Jakarta Content Week melaksanakan Sarinah Jakarta Content Week Festival (Sarinah Jaktent) yang telah berlangsung sejak November 2021 dengan tema “To Gather Again”. 

Rangkaian acara Sarinah Jaktent ini berlanjut hingga bulan ini, dengan mengusung format talkshow online yang akan berlangsung pada Jumat, 25 Februari 2022. Ajang ini menampilkan para pakar dan jenama Sarinah dengan total tiga sesi yang penyusunan programnya dilakukan oleh Yayasan 17000 Pulau Imaji dan Frankfurter Buchmesse sebagai penyelenggara Jakarta Content Week sejak 2020. 

Alvinta Purba selaku General Manager Sarinah Jaktent 2022 menyampaikan bahwa keterlibatan Jaktent dalam proses transformasi Sarinah adalah untuk turut membangun literasi dan konten brand lokal keren atau local hero agar dicintai bangsanya, karena brand yang mendunia harus dicintai bangsanya sendiri dulu baru brand lokal akan memikat pasar dunia. 

Apalagi pasar domestik kita dengan penduduk yang besar menjadi pasar yang logis dan menggiurkan untuk menjadi tuan rumah produknya sendiri.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

X