• Sabtu, 28 Mei 2022

Ini Cara Pemetaan Sawit Rakyat Swadaya di Kubu Raya

- Selasa, 15 Maret 2022 | 22:37 WIB
 Cara Pemetaan Sawit, Rakyat Swadaya, Informasi Kubu Raya (Fatul Birri)
Cara Pemetaan Sawit, Rakyat Swadaya, Informasi Kubu Raya (Fatul Birri)

Inidata.id – Melihat situasi dan kondisi masifnya perkebunan sawit rakyat swadaya yang tanam baru, maka perlu dilakukan pemetaan dan pendataan sawit rakyat, cara pemetaan, pendataan sawit rakyat swadaya hingga saat ini belum ada penyeragaman dari Dirjenbun. Hanya saja intrumen pendataan dan pemetaan sawit rakyat swadaya sudah dikeluarkan Dirjen melalui peraturan Dirjen Perkebunan No 105 Tentang STDB.

Luas perkebunan sawit rakyat swadaya di Kalimantan Barat hingga saat ini tidak ada angka pasti. Sedangkan pembukaan lahan baru atau pergantian tanaman lain ke tanaman sawit hingga saat ini masif terjadi di wilayah kelola masyarakat.

Mulyadi warga Desa Kuala Mandor B, Kabupaten Kubu Raya mengaku rela menebang karet yang sudah produksi untuk digantikan tanaman berupa sawit.

"Harga sawit jelas manjanjikan, ketimbang karet," katanya Selasa (15/3/2022).

STDB bukan cara pemetaan, pendataan sawit rakyat swadaya, STDB bagi pekebun meliputi beberapa keterangan terkait kebun dan pengelolanya, nama pemilik, tempat tanggal lahir, nomor kartu tanda penduduk dan alamat, data kebun (lokasi/titik koordinat kebun), status kepemilikan lahan (sertifikat hak milik/girik/SKT/sewa).

Nomor surat kepemilikan, luas areal, jenis tanaman, produksi per hektare per tahun, asal benih, jumlah pohon, pola tanam (monokultur/tumpang sari), jenis pupuk, mitra pengolahan, jenis tanah (mineral/gambut/mineral dan gambut), tahun tanam, serta jenis usaha lain di dalam kebun.

Berdasarkan surat keputusan Dirjen Perkebunan Nomor 105 Tentang STDB, STDB bagi pekebun bertujuan untuk menghimpun data kepemilikan kebun rakyat dan informasi pendukung lainnya sehingga dapat digunakan sebagai basis pengambilan kebijakan.

Hal itu dilakukan demi mempercepat pendataan dan pemetaan sawit rakyat swadaya. SIAR melakukan pemetaan dan pendataan sawit rakyat menggunakan Wahana Tanpa Awak (WTA). Proses pendataan sawit rakyat swadaya dilakukan dalam empat tahap.

Tahap pertama adalah mengakuisisi ereal desa dengan menggunakan wahana tanpa awak. Setelah terakuisisi dengan hasil citra foto udara.

Halaman:

Editor: Fatul Birri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X