• Jumat, 19 Agustus 2022

Gagasan Hilirisasi Dinarasikan Melalui Media Sosial: Lahirlah Rumah Produksi Lada Batu Layar

- Sabtu, 16 Juli 2022 | 22:51 WIB
Dedi Khansa, inisiator Lada Batu Layar di Dusun Batu Layar, Desa Sendoyan, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.  (dok.pribadi)
Dedi Khansa, inisiator Lada Batu Layar di Dusun Batu Layar, Desa Sendoyan, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. (dok.pribadi)

Inidata.id - Nama lengkapnya Dedi Khansa. Dia adalah inisiator Lada Batu Layar di Dusun Batu Layar, Desa Sendoyan, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

Rumah Produksi Lada di sana akan segera dibangun. Yang mana nantinya pusat produksi masyarakat ini akan memakan luas bangunan 20 x 80 meter di atas lahan 1.600 M².

"Material sudah mulai dipasok di lokasi pembagunan setelah beberapa waktu dari pihak Pemkab Sambas dan kontraktor pelaksana melakukan peninjauan," kata Dedi Khansa hari ini.

Baca Juga: Ini Data 11 Fakta Menarik Sapi, Nomor 11 Buat Geleng Kepala

Adapun pembagunan Rumah Produksi Lada ini adalah sebagaimana amanat Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 2021 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi pada Kawasan Perbatasan Negara. Tentu dengan hadirnya bangunan dengan total pagu hampir capai Rp6 miliar ini sebagai upaya hilirisasi produk komoditas lada untuk skala ekspor.

Dia mengingatkan, hadirnya Rumah Produksi Lada ini tidak terlepas dari langkah sederhana. Akan tetapi, berpondasi dengan gagasan-gagasan yang besar.

“Sederhana di sini dengan membuat produk hilirisasi berupa lada bubuk baik lada hitam maupun putih kemasan berbasis rumahan,” kata dia disitat dalam keteranganya. Dia pun ingat betul, berawal dari 1 kilogram untuk uji coba tes pasar dengan dibumbu narasi dan gagasan terkait produk, akhirnya membuahkan hasil. Meski tantangan dan rasa mustahil dan lainnya hadir.

Produk Kebutuhan

Maka dari itulah, gagasan besar di sini berkaitan pertama, menyakinkan bahwa dari sisi produk, Lada memang produk untuk kebutuhan dunia. Ingat kah bahwa Indonesia dijajah tidak terlepas dari daya tarik akan kekayaan rempah-rempahnya termasuk Lada.

Halaman:

Editor: Maryadi

Sumber: Inidata.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

How to Grow Pontianak City's Economy Sustainably

Minggu, 31 Juli 2022 | 22:11 WIB
X