• Selasa, 16 Agustus 2022

PLN Klaim 83.240 Desa Telah Menikmati Listrik, Yakin Tak Lagi Mati Lampu?

- Rabu, 20 Juli 2022 | 15:21 WIB
PLN Klaim 83.240 Desa Telah Menikmati Listrik, Yakin Tak Lagi Mati Lampu?. (PLN)
PLN Klaim 83.240 Desa Telah Menikmati Listrik, Yakin Tak Lagi Mati Lampu?. (PLN)

Inidata.id - PLN mengklaim sebagai bentuk kehadiran negara, maka Pemerintah bersama PT PLN (Persero) terus mengalirkan listrik hingga ke pelosok desa terpencil demi menciptakan energi keberadilan.

Hingga Juni 2022, sebanyak 83.240 desa telah menikmati listrik, atau 99,73 persen dari total 83.467 desa di Indonesia, kata PLN.

Dari total 83.240 desa berlistrik, sekitar 75.807 desa telah dialiri listrik PLN.
Sisanya masih berlistrik non-PLN.

Baca Juga: Soal Partisipasi Pemberdayaan Ekonomi Perempuan di Kabupaten Kubu Raya, Bupati Muda: Upaya Kepong Bakul

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo beralasan, desa-desa yang belum berlistrik tersebut mayoritas berada di wilayah terluar, terdepan dan tertinggal (3T) yang sulit dijangkau.

Dengan dukungan pemerintah dan para stakeholder, PLN terus membangun infrastruktur kelistrikan agar seluruh desa di Indonesia dapat menikmati listrik PLN jelang 2024.

"Kami terus berjuang sekuat tenaga agar saudara-saudara kita di pelosok desa bisa menikmati listrik PLN, sehingga mereka bisa makin produktif," kata Darmawan Prasodjo hari ini.

Dia bilang, dalam menjalankan tugas menambah desa berlistrik di seluruh Indonesia PLN tidak terlepas dari beragam tantangan, baik tantangan sosial dan medan berat karena letak geografisnya sulit dijangkau.

"Semakin sedikit jumlah desa yang belum berlistrik PLN ini artinya semakin berat tantangan yang dihadapi, sebab desa-desa tersebut terletak di wilayah yang sulit diakses karena belum ada infrastruktur yang memadai," kata Darmawan Prasodjo.

Halaman:

Editor: Fatul Birri

Sumber: Inidata.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

How to Grow Pontianak City's Economy Sustainably

Minggu, 31 Juli 2022 | 22:11 WIB
X