• Selasa, 16 Agustus 2022

Menakar Kawasan Industri Bekasi: Kawasan Industri Terbesar di Asia Tenggara

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 16:53 WIB
Kawasan industri di Bekasi, Jawa Barat. (Tangkapan layar chanel Youtube @Dunia Buruh Channel)
Kawasan industri di Bekasi, Jawa Barat. (Tangkapan layar chanel Youtube @Dunia Buruh Channel)

Inidata.id – Beinilah kawasan industri terbesar se-Asia Tenggara berada di Bekasi, Indonesia, tepatnya di Cikarang. Berada di 34 kilometer di sebelah timur Kota Jakarta, Cikarang terletak di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Di Cikarang sendiri terdapat banyak kawasan industri yang terdiri dari MM 2100, Delta Silicon Industrial Park, Kota Jababeka, East Jakarta Industrial Park (EJIP), dan the Hyundai Industrial Park  atau Bekasi International Industrial Estate (BIIE). 

Perusahaan-perusahaan di kawasan industri Cikarang yang berkembang ini asalnya dari berbagai negara asing di antaranya yaitu Jepang, Inggris, Korea, China, Singapura, Malaysia, Jerman, Negara Timur Tengah, dan Taiwan.

Baca Juga: Beragam Fungsi Siaran TV Digital Kekinian: Ada Banyak Manfaatnya, Apa Saja? 

Dilansir dari channel Youtube Dunia Buruh Channel, Kawasan East Jakarta Industrial Park (EJIP) merupakan kawasan industri swasta pertama di Kabupaten Bekasi yang didirikan pada tahun 1990. Investor-investor asing yang ada di sini kebanyakan berasal dari negara besar. Di wilayah Bekasi, kawasan ini adalah kawasan yang sangat berpengaruh di kawasan ini. 

Untuk mendukung kebutuhan para investor dan pekerja sekitar, kawasan industri ini mampu menyediakakan berbagai fasilitas. Berbagai perusahaan dari Asia dan Eropa menempati kawasan ini. 

Selanjutnya, the Hyundai Industrial Park atau Bekasi International Industrial Estate (BIIE) sejak tahun 1991 telah mulai beroperasi. Perusahaan yang merupakan PT Hyundai Inti Development ini telah bekerjasama antara PT LipoCikarang Tbk dengan Hyundai Corporation asal Korea Selatan. Satu tahun sebelumnya lah perusahaan ini dibentuk.

BIIE adalah salah satu dari empat kawasan industri yang letaknya berada di Lipo Cikarang dengan menempati area seluas 200 hektare. Perusahaan-perusahaan besar banyak menempati kawasan ini.

Pengembangan Industri

Halaman:

Editor: Maryadi

Sumber: Youtube @Dunia Buruh Channel

Tags

Artikel Terkait

Terkini

How to Grow Pontianak City's Economy Sustainably

Minggu, 31 Juli 2022 | 22:11 WIB
X