Local Media Summit 2022: Isu Business Viability Media

- Senin, 24 Oktober 2022 | 19:53 WIB
Local Media Summit 2022: Isu Business Viability Media (Local Media Summit 2022)
Local Media Summit 2022: Isu Business Viability Media (Local Media Summit 2022)

Inidata.id - Lebih dari tiga ratus media lokal sudah memastikan ikut Local Media Summit 2022 baik secara luring maupun daring. Pertemuan media lokal pertama dan terbesar di Indonesia ini juga mendapat dukungan dari dua puluh lebih kolaborator yang terdiri dari kedutaan, Lembaga donor, perusahaan, perbankan, platform teknologi, dan solusi teknologi terkemuka dunia.

Acara Local Media Summit 2022 ini akan dibuka oleh Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

International Media Support (IMS) yang menginisiasi acara ini bersama Suara.com menyatakan Local Media Summit 2022 ini membuat Indonesia menjadi proyek percontohan global IMS dalam isu business viability media.

Baca Juga: Miris! 70 Persen Sumber Air Minum Rumah Tangga Indonesia Tercemar Limbah Tinja

Project Manager IMS untuk Indonesia Eva Danayanti mengabarkan, IMS akan mendatangkan beberapa ahli untuk terlibat dalam rangkaian acara Local Media Summit 2022. Sejak tahun lalu, IMS dan Suara.com sudah melakukan workshop, coaching, dan mentoring untuk sejumlah media lokal di Indonesia agar bisa memiliki bisnis yang viable atau berkelanjutan.

Berkembang Lebih Hebat

IMS mendatangkan seorang podcaster-entrepreneur dari Filipina, Carl Javier, yang akan berbicara mengenai “Mencari model bisnis Podcast” dan Hendrik Grunnet seorang veteran jurnalis yang akan berbicara mengenai peluang memonetisasi media sosial.

IMS akan membawa best experiences dari belahan lain dunia untuk dipelajari Indonesia.

"Mudah-mudahan dengan begitu, iklim bisnis media di Indonesia berkembang lebih hebat lagi. Indonesia memiliki potensi yang besar untuk menjadi pengembangan media lokal yang berkelanjutan di Asia," kata Eva Danayanti.

Beberapa kolaborator juga menyediakan keahliannya untuk dibagikan ke peserta Local Media Summit 2022.

MGID, pionir platform native advertising global, akan berbagi dalam sesi workshop bertemakan “Finding a viable business model for local media” atau “Mencari bisnis model berkelanjutan bagi media lokal.”

Kemudian Dailymotion, sebuah platform video dari Prancis, akan berbagi dalam workshop bertajuk “Pengemasan dan monetisasi video”.

Juga ada Amazon Web Service yang selain mengirim Country Manager AWS Indonesia Gunawan Susanto berbicara di konferensi, juga mengirimkan ahli untuk memberikan coaching kepada pemimpin-pemimpin media lokal mengenai teknologi fundamental untuk media online.

Baca Juga: Saingan Wanita Diduga Kesurupan Kuntilanak Pulau Bawean, Video Hantu Acak-acak Kamar Santri di Sampang

Halaman:

Editor: Fatul Birri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X