• Jumat, 29 September 2023

Local Media Summit 2022: Banyak Menyerap Berbagai Pengetahuan dan Bangun Jejaring

- Minggu, 30 Oktober 2022 | 21:53 WIB
Ratusan peserta berharap Local Media Summit 2022 bisa rutin diadakan, karena selain memperoleh banyak pengetahuan baru, juga menambah jaringan. (Foto: Inidata.id/Aceng Mukaram)
Ratusan peserta berharap Local Media Summit 2022 bisa rutin diadakan, karena selain memperoleh banyak pengetahuan baru, juga menambah jaringan. (Foto: Inidata.id/Aceng Mukaram)

Inidata.id – Sore jelang petang itu sesosok laki berjalan pelan menyusuri tangga. Usianya tidak lagi muda, tapi semangatnya luar biasa. Amiruddin Sormin, demikian nama lengkapnya. Dia didapuk sebagai Pemimpin Redaksi Lampungpro.co. Dia baru saja tiba di Jakarta dari Lampung untuk mengikuti Local Media Summit 2022.

“Kegiatan Local Media Summit 2022 ini memberi angin segar bagi kami,” ucap Amiruddin Sormin, pria berkacamata berkaca-kaca saat berbincang dengan Inidata.id yang saat itu juga ikut dalam kegiatan Local Media Summit 2022 di auditorium Perpustakaan Nasional RI, Jakarta.

Lain halnya Pemimpin Redaksi Kapol.id Duddy RS. Dia mengaku datang dari Tasikmalaya, Jawa Barat. Pada kegiatan Local Media Summit 2022 ini dia bilang, “Terima kasih semuanya: Suara.com, IMS, kakak-kakak, dan yang lainnya. Semoga persamuhan seperti ini sering digelar. Salam hangat, jabat erat”.

Baca Juga: Local Media Summit 2022: Isu Business Viability Media

Sementara itu, Pemimpin Redaksi Babad.id Abdul Arif yang datang dari Kendal, Jawa Tengah ini berujar, Local Media Summit 2022 bagi dia berbagi pengetahuan satu sama lainnya. Sedangkan Pemimpin Umum Bantenhits.com Darussalam Jagad Syahdana bilang, kegiatan ini adalah penyatuan saling berbagi banyak hal. Di antaranya adalah bagaimana bisnis media yang berkelanjutan kedepan serta membangun jejaring.

Keberlangsungan Bisnis Media

Ratusan peserta berharap Local Media Summit 2022 bisa rutin diadakan, karena selain memperoleh banyak pengetahuan baru, juga menambah jaringan dan membuka kontak langsung dengan pihak-pihak yang bisa membantu keberlangsungan bisnis media.

Resmi ditutup pada Jumat (28/10/2022) malam di auditorium Perpustakaan Nasional RI, Jakarta, penyelenggaraan kegiatan akbar Local Media Summit 2022 (LMS 2022) yang diinisiasi oleh Suara.com dan International Media Support (IMS) berlangsung sukses. Lebih dari 300 peserta, pimpinan media lokal, CEO maupun Pemred, agency, perusahaan, lembaga donor, pengelola platform global, pemerintah, hadir baik secara offline maupun online.

Acara penutupan Local Media Summit 2022 ditandai dengan conference bertema "Reinventing Local Media: Finding Opportunities and Overcoming the Challenges", dengan pembicara Pemimpin Redaksi Radar Selatan Sunarti Sain, Anggota Dewan Pers Sapto Anggoro, Corporate Communications Director of Danone Arief Mujahidin, dan Managing Partner Inventure Yuswohady. Sesi yang menarik ini memancing cukup banyak diskusi, terutama berkaitan dengan tantangan media lokal serta masa depan media digital secara umum.

Seluruh kegiatan dipusatkan di Perpusnas RI selama dua hari, Kamis-Jumat, 27-28 Oktober 2022. Acara Local Media Summit 2022 meliputi dua konferensi, 9 workshop, dua sharing session, 3 coaching clinic, pameran, hingga networking night. Pembahasan meliputi keberlangsungan bisnis media, bagaimana mendapatkan donor atau pendanaan, strategi bisnis media lokal, distribusi konten, pemanfaatan teknologi hingga platform, dan produksi konten yang menarik dan kekinian.

Menjalin Kolaborasi

Perkembangan di industri media digital sangat cepat, bisa hitungan hari. Ini yang harus diantisipasi, agar media lokal tetap adaptif, mengikuti perkembangan audiens dan menjalin kolaborasi.

“Lokal media yang kami maksud tidak hanya ruang lingkup geografis, namun juga media yang memiliki segmen pembaca khusus," kata Suwarjono, CEO PT Arkadia Digital Media Tbk, yang juga Pemimpin Redaksi Suara.com dikutip dalam keterangan resminya. Dalam sesi Networking Night yang dipandu oleh Inaya Wahid dan team dari Hamburger Podcast, beberapa perwakilan media lokal bahkan berkesempatan tampil di hadapan tamu berbagai lembaga donor, perusahaan, agency, kedutaan asing, untuk menyampaikan konsep media mereka. Para praktisi media lokal ini, seperti Yulianus Ario Jempau dari Floresa, Siti Latifah (Kutub.id), Nuril Arifin (Sukabumi Update) dan lainnya, rata-rata mengakui bahwa membangun kolaborasi dan jaringan adalah salah satu hal penting yang dibutuhkan media lokal, dan karenanya bersyukur bisa mengikuti kegiatan Local Media Summit 2022 ini.

Hal sama pun diakui oleh para peserta lain, dalam berbagai kesempatan perbincangan di sela-sela kegiatan.

Halaman:

Editor: Aceng Mukaram

Sumber: Inidata.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mendag Zulkifli Hasan Pastikan Stok Beras Aman

Sabtu, 2 September 2023 | 19:22 WIB
X