Madu Hutan Produksi Warga Desa Nanga Lauk Kapuas Hulu Ikut Pameran Internasional di Turki

- Sabtu, 5 November 2022 | 17:32 WIB
Hariska Ketua LPHD Lauk Bersatu mengikuti pameran produk madu hutan Nanga Lauk, Kapuas Hulu di Istambul, Turki.  (Inidata.id )
Hariska Ketua LPHD Lauk Bersatu mengikuti pameran produk madu hutan Nanga Lauk, Kapuas Hulu di Istambul, Turki. (Inidata.id )

Inidata.id - Herbal madu hutan produksi warga Desa Nanga Lauk, Kapuas Hulu diikutkan pada pameran Mustakil Sanayici ve Isadamlari Dernegi (MUSIAD) Expo 2022 di Istanbul Turki, 2-7 November 2022.

Ini adalah pameran dagang Business Trade Mission terbesar di Turki dan Eropa yang diselenggarakan setiap 2 tahun.

Herbal madu hutan produksi warga Desa Nanga Lauk, Kapuas Hulu adalah salah satu potensi hasil hutan bukan kayu yang bisa dimanfaatkan masyarakat.

"Sebagai pendamping, kami sangat senang dengan ikut dipamerkannya produk madu hutan dari Nanga Lauk. Secara tidak langsung madu Nanga Lauk sudah go internasional,” kata Specialist Program Conservation PRCF Indonesia, Erik Munandar, Sabtu (5/11/2022).

Ada dua produk andalan dari Kalimantan Barat yang ikut dipamerkan yaitu madu hutan dari Nanga Lauk dan kopi liberika dari Kayong Utara.

Peserta pameran berasal dari berbagai kelompok perhutanan yang mengembangkan produk hasil hutan bukan kayu. Mereka memproduksi gula aren, minyak atsiri, dan kopi agroforestry.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sebagai koordinator delegasi turut membawa perwakilan petani KUPS, Hariska.

Hariska adalah Ketua LPHD Lauk Bersatu. Kemudian Gusti Iwan Darmawan dari Kopi Jalanan (Kojal) yang memamerkan produk Kopi Liberika dari Kayong Utara.

"Dengan mengikuti even pameran internasional ini, kami berharap madu hutan dari Nanga Lauk bisa diterima pasar. Berharap ada pembeli atau buyer dari luar negeri.

MUSIAD Expo

Halaman:

Editor: Maryadi

Tags

Terkini

3 Langkah Ketika Ingin Membeli Mobil Bekas

Senin, 2 Januari 2023 | 14:31 WIB

Tips Memilih Sarung Terbaik, Bisa untuk Anak Muda

Senin, 26 Desember 2022 | 19:06 WIB
X