• Jumat, 19 Agustus 2022

7 Alasan Anda Ngiler Saat Tidur, Begini Cara Mencegahnya

- Selasa, 5 Juli 2022 | 22:14 WIB
Ilustrasi tidur. (Pixabay.com)
Ilustrasi tidur. (Pixabay.com)

Inidata.id - Anda bangun dari tidur nyenyak untuk menemukan bantal Anda basah atau pipi Anda licin dengan air liur. Mengiler dalam tidur Anda bisa menjadi tidak nyaman dan memalukan, terutama jika Anda tidur di sebelah seseorang yang Anda coba buat terkesan atau tertidur di tempat semi-publik seperti terminal bandara.

Meskipun mungkin mengganggu, "mengiler adalah hal yang wajar dan biasanya tidak mengkhawatirkan," kata Dr. Neal H. Patel , seorang dokter pengobatan keluarga di Rumah Sakit Providence St. Joseph.

Namun, dilansir dari Insider beberapa masalah medis kecil seperti mulut kering dapat membuat Anda lebih banyak ngiler — dan, meskipun jarang, beberapa kondisi serius seperti penyakit saraf juga dapat memiliki efek yang sama.

Baca Juga: Pengurus Inkai Kabupaten Landak Masa Bakti 2022-2025 Dilantik: Lakukan Perubahan

Berikut beberapa penyebab ngiler saat tidur dan cara membantu menguranginya.

1. Mulut kering

Saat mulut Anda kering, kelenjar ludah aktif untuk melumasinya , kata Patel. Jadi, jika Anda mengalami dehidrasi atau tidur dengan mulut terbuka, kelenjar tersebut bisa menghasilkan lebih banyak air liur, yang membuat Anda ngiler saat tidur.

Cara mengobatinya: Tetap terhidrasi dengan baik di siang hari. Kemudian, simpan segelas air di samping tempat tidur untuk diminum jika Anda bangun haus sepanjang malam.

2. Alergi dan Infeksi

Halaman:

Editor: Maryadi

Sumber: Insider

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Manfaat Buah Lentera Cina dan Cara Memakannya

Jumat, 5 Agustus 2022 | 23:29 WIB

Stray Kids Merilis Single Digital Baru

Jumat, 5 Agustus 2022 | 19:25 WIB
X