• Selasa, 16 Agustus 2022

Tips Terkini: Cara Agar Trauma Bisa Sembuh, Lebih Peduli lah Pada Diri Sendiri

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 18:05 WIB
Ilustrasi. Cara Agar Trauma Bisa Sembuh, Lebih Peduli (Freepik)
Ilustrasi. Cara Agar Trauma Bisa Sembuh, Lebih Peduli (Freepik)

Inidata.id - Pada beberapa titik dalam hidup Anda, kemungkinan besar Anda akan menghadapi trauma emosional.

Mungkin saja terjadinya trauma pada Anda itu karena kesedihan, kehilangan, putusnya hubungan atau bahkan peristiwa yang mengganggu.

Melansir Fabiosa.com, yang dilansir dari HelpGuide, jika Anda merasa tidak berdaya serta kesulitan mengendalikan emosi, Anda bisa mengalami trauma. Kecemasan, mengingat kenangan yang tidak menyenangkan, ketidakmampuan untuk mempercayai orang lain, merasa mati rasa atau tidak ada hubungan merupakan gejala lain yang akan Anda sadari yang bisa mengganggu Anda.

Baca Juga: Beragam Fungsi Siaran TV Digital Kekinian: Ada Banyak Manfaatnya, Apa Saja?

Bukan ide yang baik untuk Anda mengabaikan berbagai perasaan ini. Kuncinya adalah ketahui bagaimana Anda bereaksi ketika Anda mengalaminya. Keadaan Anda dapat memburuk apabila Anda mengatasinya dengan salah.

Bagaimana Trauma Masa Kecil Dapat Memengaruhi Orang Dewasa 

Menurut The International Society for Traumatic Stress Studies, trauma masa kecil dapat berdampak besar pada seseorang saat orang tersebut tumbuh dewasa. 

Sederhananya, seseorang yang mengalami pelecehan, mengabaikan bentuk-bentuk lain yang membahayakan anak, dapat membawa hal ini sampai mereka dewasa, yang mengarah ke masalah - masalah seperti kecemasan, kemarahan, kesedihan, dan keputusasaan.

Termasuk hubungan, emosi ini dapat memengaruhi semua aspek kehidupan mereka. Misalnya, mereka mungkin memiliki masalah kepercayaan, rentan terhadap kesulitan, dan bahkan kepada pasangannya pun mereka kesulitan mengungkapkan kasih sayang.

Halaman:

Editor: Maryadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Manfaat Buah Lentera Cina dan Cara Memakannya

Jumat, 5 Agustus 2022 | 23:29 WIB

Stray Kids Merilis Single Digital Baru

Jumat, 5 Agustus 2022 | 19:25 WIB
X