• Kamis, 8 Desember 2022

Percepat Langkah Kaki Ternyata Bantu Tingkatkan Kesehatan Otak

- Kamis, 22 September 2022 | 08:18 WIB
Jalan Kaki (pixabay)
Jalan Kaki (pixabay)

 

Inidata.id - Bagi sebagian orang berjalan kaki adalah suatu hal yang jarang dilakukan, bagi kesehatan Berjalan kaki menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan stamina, termasuk mencegah penurunan kognitif.

Bahkan studi dalam JAMA Neurology menyebut jalan kaki dengan lebih cepat setiap hari lebih bagus lagi manfaatnya.

Seperti dilansir dari laman pmjnews.com, Kamis (22/9/2022), studi memperlihatkan berjalan 10 ribu langkah sehari ideal untuk meningkatkan kesehatan. Namun berjalan lebih cepat tampak lebih bagus lagi untuk kesehatan otak.

Baca Juga: Alasan Oppo Tingkatkan Pangsa Pasar Perangkat 5G di Indonesia

Para peneliti dari University of Sydney melihat data dari 78.430 orang dewasa yang sebagian besar berkulit putih di Inggris, berusia 40-70 tahun. Mereka lalu membandingkan jumlah langkah, kecepatan rata-rata, dan hasil kesehatan selama sekitar tujuh tahun.

Peneliti menemukan untuk setiap 2.000 langkah peserta per hari, rata-rata risiko kematian dini mereka 8-11 persen lebih rendah. Tetapi, berjalan kaki 3.800 langkah sehari memiliki manfaat, khususnya untuk kesehatan otak, mengurangi risiko demensia hingga 25 persen.

"Orang yang berjalan sekitar 9.800 langkah per hari memiliki risiko demensia 50 persen lebih rendah," ungkap peneliti.

Baca Juga: Kulminasi Matahari: Memberikan Peluang Usaha Kepada Seniman di Kalimantan

Kecepatan dan intensitas berjalan juga membuat perbedaan pada hasil kesehatan. Berjalan kaki yang lebih cepat menunjukkan manfaat yang lebih besar untuk kesehatan kognitif dan pencegahan penyakit seperti penyakit jantung dan kanker.

Halaman:

Editor: Fatul Birri

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X