• Kamis, 8 Desember 2022

Hati-hati Para Jomlo, Kesepian dan Tak Punya Teman Memperpendek Umur

- Kamis, 22 September 2022 | 08:47 WIB
Hati-hati Para Jomlo, Kesepian dan Tak Punya Teman Memperpendek Umur ( amrothman dari pixelbay)
Hati-hati Para Jomlo, Kesepian dan Tak Punya Teman Memperpendek Umur ( amrothman dari pixelbay)

 

Inidata.id - Universitas Harvard merilis studi terbaru yang menyebut seorang yang tak punya teman dan kesepian sama buruknya dengan merokok. Parahnya, kondisi ini bisa memperpendek umur hingga 8 tahun.

Untuk para jomlo berhati-hatilah, pasalnya situasi kesepian dan tak punya teman akan memperpendek umur.

Sama seperti patah hati atau stres dan emosi ekstrem yang benar-benar dapat berkontribusi pada sindrom patah hati, kesepian juga dapat berkontribusi pada krisis kesehatan utama.

Baca Juga: Percepat Langkah Kaki Ternyata Bantu Tingkatkan Kesehatan Otak

Seperti dilansir dari laman PMJ News, Kamis (22/9/2022), studi lebih lanjut mengatakan tidak mempunyai teman juga bisa memperpendek umur 8 tahun.

Studi tersebut menetapkan hubungan antara isolasi sosial dan kadar protein pembekuan darah yang dapat berkontribusi pada stroke atau serangan jantung.

Kesepian bisa memicu pelarian dan melawan tingkat stres fibrinogen yang biasanya melonjak jika terjadi kehilangan darah dan cedera. Bagaimanapun dapat meningkatkan tingkat tekanan darah dan menyebabkan pada pembentukan plak di arteri.

Memiliki 10-12 atau lebih sedikit teman memberikan dampak yang sama pada tingkat fibrinogen seperti merokok. Menurut Harvard Health dapat merusak kesehatan yang setara dengan merokok 15 batang sehari dan dapat memperpendek umur hingga 8 tahun.

Baca Juga: Alasan Oppo Tingkatkan Pangsa Pasar Perangkat 5G di Indonesia

Halaman:

Editor: Fatul Birri

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X