Tempe Mendoan Khas Banyumas, Kuliner Tradisional yang Rasanya Mak Nyus! Coba Cocol Pakai Sambal Kecap

- Sabtu, 29 Oktober 2022 | 06:19 WIB
Jajajan tempe mendoan, kuliner tradisional yang wajib dicoba saat  berkunjung ke karesidenan Banyumas.   (Twitter @Arkobumen)
Jajajan tempe mendoan, kuliner tradisional yang wajib dicoba saat berkunjung ke karesidenan Banyumas. (Twitter @Arkobumen)

Inidata.id - Camilan tempe mendoan khas Banyumas adalah salah satu kuliner Indonesia yang terdaftar sebagai warisan budaya takbenda (WBTb).

Keputusan itu diambil melalui sidang Penetapan Warisan Budaya Takbenda Indonesia yang dilakukan Kemendikbud Ristek tahun 2021.

Penetapan WBTb tempe mendoan sebagai kuliner khas Banyumas diambil setelah melalui tahap seleksi administrasi, rapat usulan 1 dan 2, verifikasi, dan pemaparan usulan.

"Mendoan akhirnya terdaftar sebagai WBTb kategori ketrampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional setelah mengalami perjalanan panjang," kata Mispan, Kepala Seksi Nilai Tradisi Dinporabudpar Kabupaten Banyumas.

Mendoan diambil dari kata "mendo" yang dalam bahasa Jawa Banyumasan artinya setengah matang atau lembak.

Penjual tempe mendoan mudah sekali ditemukan di wilayah Keresidenan Banyumas, seperti Purbalingga, Banjarnegara, Cilacap, Purwokerto, dan Banyumas

Tempe yang digunakan untuk mendoan adalah tempe jenis khusus dengan bentuk lebih tipis dan lebar dibanding tempe umumnya.

Bahan tempe mendoan dibungkus satuan menggunakan daun pisang atau daun jati sehingga. Berbeda dengan tempe bisa yang harus dipotong sesuai ukuran sebelum digoreng.

Tekstur tempe mendoan renyah di luar namun cenderung lembek di dalam. Tempe mendoan disajikan dalam balutan adonan tepung dan irisan daun bawang.

Akun twitter @Arkobumen membagikan pengalamannya jajan tempe mendoan di Purwokerto. Menurut dia ukuran tempe mendoan di Purwokerto paling besar dibanding daerah lainnya.

Halaman:

Editor: Maryadi

Tags

Terkini

ini Tips dan Cara Membuat Kue Sponge Cake

Senin, 2 Januari 2023 | 14:51 WIB

Bocoran Harga All New Honda Scoopy 2023.

Senin, 2 Januari 2023 | 13:19 WIB

Daya Ingat Menurun, Sebabnya Adalah Rokok

Minggu, 1 Januari 2023 | 22:34 WIB

Ini 5 Makananan Ampuh Redakan Stres Berat .

Minggu, 1 Januari 2023 | 22:19 WIB

Para Wanita Harus Waspada, Ini 5 Gejala Stroke

Jumat, 30 Desember 2022 | 19:47 WIB

Jangan Larang Anak Main Latto-Latto, Ini 4 Manfaatnya

Jumat, 30 Desember 2022 | 18:49 WIB
X