• Sabtu, 28 Mei 2022

Menakar Penyelenggaraan dan Pengelolaan Keuangan Pemerintah Desa

- Jumat, 25 Februari 2022 | 12:37 WIB

inidata.id - Ada yang berbeda di Aula Kantor Camat Entikong, Cabang Kejaksaan Negeri Sanggau di Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat hari ini, Jumat 25 Februari 2022. Puluhan orang berkumpul di sana. Penerangan Hukum kepada Para Kepala Desa se-Kecamatan Entikong dan Kecamatan Sekayam, itulah kegiatannya.

Baca Juga: Harga Elpiji 3 Kilogram Tetap, Walau Harga Minyak Dunia Melambung  

Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Sanggau di Entikong, Rudy Astanto,  menyebut penerangan hukum kali ini, Cabang Kejaksaan Negeri Sanggau di Entikong mengangkat tema "Penyelenggaraan dan Pengelolaan Keuangan Pemerintah Desa & Pengenalan Restoratif Justice Tindak Pidana Umum". Camat Entikong Kosmas Yul, Kacabjari Entikong Rudy Astanto, Danramil Entikong Mayor Armed Duloh dan Camat Sekayam Junaidi serta 13 Kepala Desa Se-Kecamatan Entikong dan Kecamatan Sekayam, ikut membauar dalam kegiatan itu.

“Materi mengenai Penyelenggaraan dan Pengelolaan Keuangan Pemerintah Desa" disampaikan oleh Kasubsi Intelijen dan Perdata dan Tata Usaha Negara pada Cabjari Entikong Mochamad Indra Safwatulloh,” kata  Rudy Astanto. Sedangkan materi mengenai "Pengenalan Restoratif Justice Tindak Pidana Umum" disampaikan oleh Kasubsi Tindak Pidana Umum dan Tindak Pidana Khusus pada Cabjari Entikong.

Baca Juga: Ini Cara Pemetaan Sawit Rakyat Swadaya di Kubu Raya

Dia menyampaikan, kepada 13 Kepala Desa se-Kecamatan Entikong dan Kecamatan Sekayam penyelenggaraan dan pengelolaan keuangan Pemerintah Desa diharapkan dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. Caranya adalah dengan mempedomani asas-asas pengelolaan keuangan desa yaitu asas transparan, akuntabel, partisipatif serta tertib dan disiplin anggaran.

Dia menjelaskan, pengenalan Restoratif Justice kepada para Kepala Desa se-Kecamatan Entikong dan Kecamatan Sekayam diharapkan dapat berpartisipati dalam menciptakan Kampung Restoratif Justice."

Baca Juga: PLN Kucurkan Rp 4,2 Miliar demi Nyalakan Listrik 2 Desa di Ketapang

“Kegiatan ini ditutup dengan pembentukan Forum Kepala Desa Perbatasan Antar Negara beserta pengurusnya dan penandatanganan Berita Acara Pembentukan Forum Kepala Desa Perbatasan Antar Negara,” kata Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Sanggau di Entikong,  Rudy Astanto. ***

Editor: Administrator

Artikel Terkait

Terkini

X