• Minggu, 29 Mei 2022

Rencana Operasional Folu Net Sink 2030: Mengendalikan Perubahan Iklim di Indonesia

- Sabtu, 9 April 2022 | 22:28 WIB
Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Bambang Hendroyono, menyampaikan pengimplementasian Rencana Operasional Folu Net Sink 2030.
Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Bambang Hendroyono, menyampaikan pengimplementasian Rencana Operasional Folu Net Sink 2030.

Inidata.id - Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Bambang Hendroyono, menyampaikan pengimplementasian Rencana Operasional Folu Net Sink 2030.

Rencana Operasional Indonesia's Folu Net Sink 2030 telah disusun secara komprehensif dan ilmiah melalui pendekatan analisis spasial, seperti indeks kualitas hutan, nilai konservasi tinggi (HCV), jasa lingkungan ekosistem tinggi, serta indeks biogeofisik (IBGF) serapan karbon maupun Karhutla.

Baca Juga: Khawatir Kondisi Lingkungan Kalimantan Barat, Gubernur Sutarmidji: Gambut Harus Kita Jaga

"Folu Net Sink 2030 ini adalah semua yang telah kita lakukan selama beberapa tahun terakhir ini dan dalam mengendalikan perubahan iklim bahwa Indonesia punya komitmen kuat untuk berkontribusi menurunkan emisi yang telah ditetap sebesar 29 persen," kata dia saat menghadiri acara Kuliah Umum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan tema "Pengelolaan Sumber Daya Alam Berbasis Indeks Desa Membangun di Kalimantan Barat sebagai Wujud Kontribusi Provinsi Penyangga terhadap Pembangunan Ibu Kota Negara" di Gedung Konferensi Universitas Tanjungpura Pontianak, Sabtu (9/4/2022).

Baca Juga: Tata Cara Menebar Kebaikan Bulan Ramadhan untuk Sesama

Dia mengungkapkan, bahwa komitmen penurunan emisi harus dengan aksi nyata yang dilakukan di kawasan hutan baik itu hutan konservasi, hutan lindung maupun hutan produksi.

Baca Juga: Perubahan Iklim 3 Dimensi Pembangunan Berkelanjutan: Ekonomi, Lingkungan, dan Sosial

"Tidak hanya itu tentunya kontribusi penurunan emisi ini harus melalui aksi mitigasi yang harus dilakukan oleh semua pihak," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Bambang Hendroyono.***

 

Halaman:

Editor: Maryadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X