• Sabtu, 28 Mei 2022

Begini Caranya Selaraskan Aturan dan Kreativitas Kekinian

- Selasa, 19 April 2022 | 01:50 WIB
Kita bisa menyelaraskan antara peraturan dan kreativitas di lapangan, apalagi di Kota Pontianak, Kalimantan Barat ini masyarakat bisa langsung menilai. (Inidata.id/Maryadi)
Kita bisa menyelaraskan antara peraturan dan kreativitas di lapangan, apalagi di Kota Pontianak, Kalimantan Barat ini masyarakat bisa langsung menilai. (Inidata.id/Maryadi)

Inidata.id - Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono membuka Pelatihan Kepemimpinan Pengawas di lingkungan Pemerintah Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Kepada peserta pelatihan, dia berpesan untuk memahami tugas dan fungsi masing-masing dengan baik. Begitu pula dengan sistem pemerintahan.

Dia menganggap, sebagai ASN sudah semestinya teratur maupun terstruktur. Kendati demikian, menurutnya diperlukan pula kompetensi di bidang yang ditekuni.

Baca Juga: Tata Cara Kader Posyandu Pontianak Proaktif Cegah Stunting

“Bagaimana kita bisa menyelaraskan antara peraturan dan kreativitas di lapangan. Apalagi di kota ini, masyarakat bisa langsung menilai,” kata dia seusai membuka pelatihan di Aula Abdul Muis Muin Kantor Bappeda Kota Pontianak.

Dia meminta ASN di lingkungan Pemkot Pontianak untuk memiliki respon yang cepat dalam mengatasi setiap masalah.

Selain itu juga, dia menyebut agar seluruh aparatur untuk bekerja dengan efektif dan efisien.

“Seperti kata pepatah dulu, jika ada tikus di lumbung padi, bukan seluruh ladang yang kita bakar. Tetapi bagaimana kita bisa menemukan tikus dengan cara yang tepat, tanpa perlu mengorbankan yang lain,” katanya mengibaratkan.

Pemerintah pusat lewat kementerian terkait juga telah mengupayakan optimalisasi pelayanan dan birokrasi, seperti pemangkasan jabatan maupun memaksimalkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP).

Halaman:

Editor: Maryadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X