• Minggu, 29 Mei 2022

Fungsi Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri Pontianak, Kadisdukcapil: Belum Bisa Mencetak KTP-el

- Selasa, 10 Mei 2022 | 11:57 WIB
 Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pontianak, Erma Suryani berkata, untuk sementara Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri belum bisa mencetak KTP-el dikarenakan saat ini tengah dilakukan Secure Access Module (SAM) oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil.  (Inidata.id/Maryadi)
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pontianak, Erma Suryani berkata, untuk sementara Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri belum bisa mencetak KTP-el dikarenakan saat ini tengah dilakukan Secure Access Module (SAM) oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil. (Inidata.id/Maryadi)


Inidata.id - Kepala Disdukcapil Kota Pontianak Erma Suryani merinci, fungsi Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri atau ADM ini layaknya sebuah mesin ATM.

"Hanya yang membedakannya, Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri ini untuk mencetak dokumen adminduk seperti Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran, akta kematian, KTP-el, KIA, termasuk surat keterangan pindah," kata dia hari ini di Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri ini merupakan kemudahan yang diberikan bagi masyarakat untuk pelayanan dokumen adminduk.

Baca Juga: Fungsi Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri Pontianak: Mudahkan Warga Cetak Dokumen Adminduk

Dia memaparkan cara kerja Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri yang akan dioperasikan dalam waktu dekat.

Mekanisme Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri, setiap masyarakat yang mengajukan permohonan dokumen adminduk, misalnya KK, maka warga bersangkutan mengisi formulir permohonan untuk berkas tersebut dengan mencantumkan alamat email.
Setelah diproses dan selesai, pemohon akan menerima email yang berisikan QR code dan PIN.

Kemudian, warga bisa mencetak melalui Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri dengan melakukan scan QR code atau dengan mengetik PIN yang telah diterimanya melalui email.

Sedangkan untuk pencetakan KTP-el, harus dengan fingerprint warga yang bersangkutan.

"Secara otomatis, mesin akan membaca QR code dan mencetak langsung KK yang dimohon," katanya.

Belum Bisa Mencetak KTP-el, Kenapa?

Halaman:

Editor: Maryadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X