• Jumat, 7 Oktober 2022

Iklim Investasi: Sistem Kelistrikan PLN Tanjung Selor - Tanjung Redeb Terhubung, Iklim Investasi Menggeliat

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 16:02 WIB
Iklim Investasi: Sistem Kelistrikan PLN Tanjung Selor - Tanjung Redeb Terhubung, Iklim Investasi Menggeliat di Kalimantan Utara. (PLN)
Iklim Investasi: Sistem Kelistrikan PLN Tanjung Selor - Tanjung Redeb Terhubung, Iklim Investasi Menggeliat di Kalimantan Utara. (PLN)

Inidata.id - Iklim Investasi, PLN memanfaatkan barang dan jasa industri domestik pada saat konstruksi dengan penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mencapai 79 persen.

PT PLN (Persero) mengklaim membangun dan mengoperasikan jaringan kelistrikan Tanjung SelorTanjung Redeb, Kalimantan Utara. Capaian ini diproyeksi akan mendorong peningkatan kegiatan perekonomian dan meningkatkan iklim investasi positif di dua wilayah tersebut.

Penyaluran listrik secara perdana melalui Gardu Induk di Tanjung Selor dan Tanjung Redeb, serta transmisi Tanjung Selor- Tanjung Redeb dilakukan. Saat ini, melalui sistem interkoneksi Tanjung SelorTanjung Redeb, dapat mengirim daya hingga 7 MW ke sistem Tanjung Redeb.

Baca Juga: Taktik PLN UP3 Sanggau Dorong Pertumbuhan Sektor Bisnis dan Industri

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur  (UIP KLT), Josua Simanungkalit mengatakan penyelesaian proyek interkoneksi Tanjung Selor-Tanjung Redeb akan bermanfaat bagi 67.636 pelanggan di Kabupaten Berau dan Kabupaten Bulungan.

Untuk menyelesaikan proyek ini, PLN memanfaatkan barang dan jasa industri domestik pada saat konstruksi dengan penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mencapai 79 persen.

“Pengoperasian SUTT sepanjang 181,32 Kilometer sirkuit (Kms) ini merupakan pencapaian yang membanggakan, mengingat tidak sebatas pemanfaatan TKDN, proyek ini juga berhasil menyerap tenaga lokal sejumlah 1.044 orang selama masa pembangunan,” kata dia hari ini.

Proyek ini selesai melalui jaringan saluran udara tegangan tinggi (SUTT) 150 kV yang sejauh 181.32 kms. Jaringan transmisi ini melintasi sejumlah 9 desa, 5 kecamatan dan 2 kabupaten yakni Kabupaten Bulungan dan kabupaten Berau.

Sistem Interkoneksi

Halaman:

Editor: Fatul Birri

Sumber: Inidata.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mantan Bos Google Indonesia Rudy Ramawy Meninggal

Jumat, 23 September 2022 | 16:46 WIB
X