Dukung Festival Cap Go Meh 2023, Majelis Melayu Serumpun Singkawang Selenggarakan Forum Diskusi Lintas Agama

- Jumat, 20 Januari 2023 | 22:40 WIB
Dukung Festival Cap Go Meh 2023, Majelis Melayu Serumpun Singkawang Selenggarakan Forum Diskusi Lintas Agama dan Etnis.
Dukung Festival Cap Go Meh 2023, Majelis Melayu Serumpun Singkawang Selenggarakan Forum Diskusi Lintas Agama dan Etnis.

Inidata.id - Setelah hampir 2 Tahun tanpa ada perayaan dikarenakan pandemi Covid-19 di tahun 2023 akhirnya agenda wisata tahunan Kota Singkawang, Kalimantan Barat festival Cap Go meh kembali digelar selama 2 minggu dimulai pada tanggal 20 Januari 2023 hingga 6 Februari 2023. Majelis Melayu Serumpun Kota Singkawang menyambut baik pelaksanaan even akbar ini, dengan mengajak beberapa ormas yang berada di bawah payung Majellis Melayu serumpun serta beberapa ormas berbasis etnis lainnya di Kota Singkawang.

Melalui pelaksanaan kegiatan forum diskusi yang diselengarakan oleh Ormas Majelis Melayu Serumpun Kota Singkawang yang bertempat di Aula Pertemuan Rumah dinas Wali Kota Singkawang mengangkat tema: Silaturahmi Lintas Agama dan Etnis Kota Singkawang. Kegiatan ini dihadiri dan di buka oleh PJ Wali Kota Singkawang Sumastro. Dalam kata sambutan PJ Wali Kota Singkawang, Sumastro, menyambut baik kegiatan ini, dan berharap semangat persatuan dan keharmonisan ini dapat terus dipertahankan.

“Tujuan kita adalah untuk merawat kebinekaan agar kota Singkawang lebih terkenal sebagai Kota tertoleran dan ingin membuat kota singkawang lebih aktif, dinamis, bermartabat dan memanfaatkan keunggulan dengan keberagaman berbeda beda suku bangsa dan agama untuk memperkuat nilai-nilai persaruan sebagai bangsa Indonesia,” kata Sumastro hari ini.

Baca Juga: 3 Kiosk Beri Layanan Resmi untuk Pelanggan dan Retailer di Area Rural di Kalimantan Barat

Ketua pelaksana kegiatan forum diskusi ini sekaligus dewan pembina Majelis Melayu Serumpun Kota Singkawang, Ashari Arhap, mengatakan Majelis Melayu Serumpun (MMS) Kota Singkawang menganggap perlu untuk mengajak beberapa ormas lainnya di kota Singkawang untuk memberikan dukungan sebagai bentuk Toleransi dan persaudaraan bersama sebagai masyarakat Kota Singkawang.

Adapun bentuk dukungan tersebut, kita sebagai masyarakat Kota Singkawang kepada masyarakat Tionghoa adalah dengan memberikan semangat dan menciptakan suasana kondusif di Kota Singkawang selama pelaksanaan kegiatan tahun baru imlek 2574 dan Perayaan Cap Go Meh 2023.

“Untuk itu kami berinisiatif untuk membuat sebuah kegiatan yang diharapkan dapat melahirkan sebuah keputusan sikap bersama alam rangka mewujudkan suasana kekeluargaan, aman dan kondusif dalam perayaan Imlek dan Cap Go Meh,” kata dia.

Dia menambahkan bahwa event ini memiliki efek domino yang positif bagi masyarakat. Dengan kegiatan ini akan melahirkan semangat kekeluargaan dan semakin mengikat rasa toleransi yang telah kita rawat dari jaman dahulu kala, dari jaman moyang kita.

“Juga hal ini, kami angap penting mengingat potensi dan dampak positif yang didapatkan dari perayaan imlek dan cap go meh ini adalah akan memberikan peningkatan ekonomi dan kesejahteraan bagi banyak pelaku usaha, buruh ataupun penyedia jasa,” kata dia.

Sekertaris Jendral Majelis Melayu Serumpun (MMS) Kota Singkawang, Dedy Mulyadi, menyampaikan harapan dengandiselengarakannya silaturahmi lintas agama dan etnis Kota Singkawang melalui peran dan ketokohan dari kita bersama dalam mendukung. Dan mempelopori kegiatan ini maka akan menjadi tonggak sejarah dalam perjuangan menjadikan Kota Singkawang sebagai Kota Tertoleransi dalam Seribu Etnis dan Kebudayaan.

Halaman:

Editor: Fatul Birri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X