• Sabtu, 28 Mei 2022

Merinci Siklus Hidup Lalat BSF Penghasil Maggot Kalimantan Barat

- Sabtu, 19 Maret 2022 | 06:00 WIB
Syamhdui pembudidaya maggot Pontianak, Kalimantan Barat merinci siklus hidup dari lalat BSF atau black soldier fly merupakan lalat penghasil maggot (Foto: Inidata.id/Fatul Birri)
Syamhdui pembudidaya maggot Pontianak, Kalimantan Barat merinci siklus hidup dari lalat BSF atau black soldier fly merupakan lalat penghasil maggot (Foto: Inidata.id/Fatul Birri)

Inidata.id - Syamhudi pembudidaya maggot Pontianak, Kalimantan Barat merinci siklus hidup dari lalat BSF atau black soldier fly merupakan lalat penghasil maggot.

Dia bilang, lalat BSF ini bersifat monogami yang setia terhadap satu pasangan sampai mati.

Baca Juga: Menakar Penyesuaian Harga BBM Pertamina Awal Tahun 2022

“Ketika sudah kawin, sang jantan akan mati dalam beberapa jam. Sedangkan betinanya akan mati ketika sudah selesai bertelur,” kata Syamhudi baru-baru ini di Kreasi Sungai Putat, Kelurahan Siantan Hilir, Kecamatan Pontianak Utara.

Dia menjelaskan, hasil telur satu pasangan lalat BSF ini dapat menghasilkan ribuan telur yang siap menjadi maggot.

Uniknya, dia bilang dalam satu kilogram maggot dapat memakan sebanyak 3-4 kilo sampah organik.

“Sudah sangat terbayang sekali segi kemanfaatan yang bisa dirasakan oleh masyarakat dengan bantuan maggot ini untuk pengembangan lingkungan yang terintegrasi,” ucapnya saat berdiskusi dengan tim Katana Pangeran 27 yang merupakan kelompok binaan PT Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Pontianak melakukan studi banding pengelolaan limbah organik.

Studi banding ini bertujuan untuk mengembangkan inovasi lingkungan yang diharapkan dapat meningkatkan kepedulian lingkungan masyarakat di RW 27 Kelurahan Siantan Hulu, Kecamatan Pontianak Utara.

Sisi lain kunjungan ini juga bertujuan untuk dapat meningkatkan inovasi dalam pelaksanaan Lingkungan Bersih Sehat (LBS), dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang memang RW 27 sendiri akan mewakili Provinsi Kalimantan Barat dalam perlombaan LBS dan PHBS.

Halaman:

Editor: Fatul Birri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kondisi Saat Ini Sungai Menyuke Landak Kalbar 2021

Kamis, 9 Desember 2021 | 11:49 WIB

Sejarah Sungai Menyuke Landak: Dulu dan Sekarang

Kamis, 9 Desember 2021 | 11:48 WIB
X