• Minggu, 29 Mei 2022

Bocah Kembar Pontianak, Faris dan Daris Terima Sepeda: Dedikasi Peduli Lingkungan

- Jumat, 8 April 2022 | 20:40 WIB
Dua bocah kembar Faris dan Daris asal Kota Pontianak, Kalimantan Barat ini semangat dan kepedulian mereka terhadap lingkungan sekitar. (Foto: Inidata.id/Fatul Birri)
Dua bocah kembar Faris dan Daris asal Kota Pontianak, Kalimantan Barat ini semangat dan kepedulian mereka terhadap lingkungan sekitar. (Foto: Inidata.id/Fatul Birri)

Inidata.id - Masih ingat dengan dua bocah kembar Faris dan Daris? Atas semangat dan kepedulian mereka terhadap lingkungan di Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Dua bocah kakak beradik yang berusia 11 tahun itu dihadiahi dua unit sepeda lipat oleh Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono.

Hadiah sepeda ini sebagai bentuk apresiasi kedua anak dari pasangan Samsudin dan Siti Rahmah ini karena kebiasaan mereka yang tak biasa.

Baca Juga: Menakar Bisnis Kayu Terpadu Kalimantan Dulu dan Kekinian

Lebih dari memungut dan membuang sampah ke tempatnya, Faris dan Daris diam-diam sudah sejak tahun 2018 secara berkala mengumpulkan sampah untuk kemudian dijual ke Bank Sampah Rumput Hias yang bertempat di Jalan Petani Gang Berkat Usaha, Kelurahan Sungai Jawi, Kecamatan Pontianak Kota.

Untuk itu pula, keduanya kemudian menerima penghargaan Nasabah Cilik Bank Sampah pada perayaan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2022, Februari lalu.

Dari ketekunan itu, mereka mendapat pundi-pundi rupiah. Dalam sebulan, kedua siswa SDN 34 Pontianak Kota itu bisa menerima Rp50 ribu.

“Pernah juga sampai Rp100 ribu, terakhir menimbang sampai 33 kilogram,” ujar Siti Rahmah, ibu dari dua bocah kembar Faris dan Daris di Rumah Jabatan Wali Kota Pontianak seusai mendampingi kedua putranya menerima hadiah sepeda, Jumat (8/4/2022).

Jika dijabarkan, sampah-sampah yang mereka simpan terdiri dari kardus, botol plastik, kertas bekas, besi, bungkus makanan, dan lain-lain. Harganya pun beragam.

Halaman:

Editor: Fatul Birri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kondisi Saat Ini Sungai Menyuke Landak Kalbar 2021

Kamis, 9 Desember 2021 | 11:49 WIB

Sejarah Sungai Menyuke Landak: Dulu dan Sekarang

Kamis, 9 Desember 2021 | 11:48 WIB
X