• Minggu, 29 Mei 2022

Khawatir Kondisi Lingkungan Kalimantan Barat, Gubernur Sutarmidji: Gambut Harus Kita Jaga

- Sabtu, 9 April 2022 | 21:55 WIB
Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji mengaku khawatir akan kondisi lingkungan dan alam saat ini. Oleh karena itu, dia mengingatkan kondisi gambut yang harus kita jaga hingga pendangkalan Daerah Aliran sungai (DAS) di sepanjang sungai Kapuas.
Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji mengaku khawatir akan kondisi lingkungan dan alam saat ini. Oleh karena itu, dia mengingatkan kondisi gambut yang harus kita jaga hingga pendangkalan Daerah Aliran sungai (DAS) di sepanjang sungai Kapuas.

Inidata.id - Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji mengaku khawatir akan kondisi lingkungan dan alam saat ini.

"Kondisi gambut yang harus kita jaga, hingga pendangkalan Daerah Aliran sungai (DAS) di sepanjang sungai Kapuas,” kata Gubernur Sutarmidji saat menjadi Keynote Speaker dalam acara Kuliah Umum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan tema "Pengelolaan Sumber Daya Alam Berbasis Indeks Desa Membangun di Kalimantan Barat sebagai Wujud Kontribusi Provinsi Penyangga terhadap Pembangunan Ibu Kota Negara" di Gedung Konferensi Universitas Tanjungpura Pontianak, Sabtu (9/4/2022).

Baca Juga: Lintasarta Membangun Negeri: Membuka Keterisoliran Kawasan Desa 3T di Kalimantan Barat

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Wanita Tangguh Pelestari Tengkawang Kalimantan Barat

Acara itu turut dihadiri oleh Rektor Universitas Tanjungpura Pontianak Profesor Garuda Wiko, Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Bambang Hendroyono, Kepala Dinas LHK Provinsi Kalbar Adi Yani, perwakilan dari organisasi lingkungan hidup yang ada di Kalimantan Barat dan para penggiat pecinta lingkungan, Rimbawan serta Mahasiswa Fakultas Kehutanan Uiversitas Tanjungpura Pontianak.

“Mari kita berfikir maju kedepan, bersama memikirkan langkah perbaikan apa yang bisa kita ambil untuk lingkungan kita. Dan saya berprinsip untuk tidak mau menjadi orang yang berperan dalam perusak lingkungan. Kita kesampingkan kepentingan politis," kata Gubernur Sutarmidji.

Pesan untuk Mahasiswa Fakultas Kehutanan

Mantan Wali Kota Pontianak itu berharap, mahasiswa menjadi agen perubahan dalam menjaga kelangsungan hidup dan ekosistem lingkungan Bumi Khatulistiwa ini.

"Mahasiswa Fakultas Kehutanan harus ada desa binaan yang diseriusi. Karena kita harus memperbaiki lingkungan kemudian apapun kesejahteraan masyarakat harus dari desa,” ucap Gubernur Sutarmidji.

Halaman:

Editor: Maryadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kondisi Saat Ini Sungai Menyuke Landak Kalbar 2021

Kamis, 9 Desember 2021 | 11:49 WIB

Sejarah Sungai Menyuke Landak: Dulu dan Sekarang

Kamis, 9 Desember 2021 | 11:48 WIB
X