Tips Terkini: Cara Penanaman dan Pemahaman Soal Gambut serta Mangrove Lestari di Kubu Raya

- Jumat, 9 September 2022 | 13:55 WIB
Tips Terkini: Cara Penanaman dan Pemahaman Soal Gambut serta Mangrove Lestari di Kubu Raya, Kalimantan Barat. (Inidata.id)
Tips Terkini: Cara Penanaman dan Pemahaman Soal Gambut serta Mangrove Lestari di Kubu Raya, Kalimantan Barat. (Inidata.id)

Inidata.id - Koordinator Provinsi Kalimantan Barat ICRAF Indonesia, Happy Hendrawan, menilai adanya muatan lokal atau Mulok pada tingkat SD dan SMP di Kabuapten Kubu Raya adalah penanaman dan pemahaman soal gambut serta Mangrove yang lestari.

“Gambut itu masa depan sumber kehidupan,” kata Happy Hendrawan, soal uji coba kurikulum muatan lokal atau Mulok pendidikan lingkungan gambut dan Mangrove selama dua hari di dua satuan pendidikan: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, bersama World Agroforestry (ICRAF) melalui proyek Peat‐IMPACTS.

Edukasi Sejak Dini

Dia menambahkan perlu adanya edukasi sejak dini soal gambut dan mangrove. Dalam uji coba Mulok gambut dan Mangrove ini dikombinasikan dalam bahan ajar sekitar sekolah yang ada gambut dan mangrove serta yang tidak ada gambut dan Mangrovenya.

Baca Juga: Mulok Gambut dan Mangrove: Asa Menjaga Lingkungan Lestari di Kubu Raya

Baca Juga: Kampanye Unity in Diversity: Memberikan Panggung Megah Seni dan Kerajinan Tangan dari Kalimantan

“Kita juga harapkan kabupaten/kota lain di Kalimantan Barat dapat meniru mulok gambut dan Mangrove yang ada di Kabupaten Kubu Raya. Ini karena ekosistem gambut di Kabupaten Kubu Raya memiliki hamparan gambut jauh lebih luas,” kata dia, seraya mengingatkan memerlukan usaha lebih dalam mengelola lahan gambut dan Mangrove.

“Adanya bahan ajaran yang telah disempurnakan dapat menjadi acuan seluruh sekolah SD dan SMP di Kubu Raya,” kata Koordinator Provinsi Kalimantan Barat ICRAF Indonesia, Happy Hendrawan. (Inidata.id)

“Cara menanamkan kesadaran ini kepada usia dini maka di usia 10-15 tahun kedepan untuk mengelola ekosistem lebih baik dari kesalahan yang pernah dahulu kita buat,” ucapnya mengingatkan.

Halaman:

Editor: Aceng Mukaram

Sumber: Inidata.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kecamatan Sawangan Magelang Jadi Kampung Proklim 2022

Selasa, 20 Desember 2022 | 17:55 WIB
X