• Minggu, 29 Mei 2022

Pentingnya Ruang untuk Anak Berlatenta Khusus, SOINA: Potensi Mereka Miliki Berbeda

- Selasa, 12 April 2022 | 16:14 WIB
Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid, batik merah dan Ketua umum  PP Soina Warsito Elewein, batik biru membicarakan soal ekpresi seni dalam Pesonas 2022. (Dirjen Kebudayaan)
Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid, batik merah dan Ketua umum PP Soina Warsito Elewein, batik biru membicarakan soal ekpresi seni dalam Pesonas 2022. (Dirjen Kebudayaan)

Inidata.id - Ketua Special Olympic Indonesia (SOINA) Warsito Ellwein menyampaikan pentingnya memberi ruang kepada anak-anak disabilitas atau berlatenta khusus intelektual tersebut karena potensi yang mereka miliki memang berbeda dengan pribadi normal.

Baca Juga: Dirjen Kebudayaan Dukung Ekspresi Seni Insan Berlatenta Khusus

Bagi mereka, ujarnya, gerak adalah tarian, suara adalah nyanyian, dan coretan adalah lukisan.

Dalam acara Pesonas yang diselenggarakan SOINA tersebut, akan dipertandingkan 12 cabang olah raga dan digelar berbagai kegiatan yang mendukung dan menunjukkan keberadaan mereka sebagai warga negara yang bertalenta khusus.

Baca Juga: Kuliah Tujuh Menit Ramadhan di Masjid Besar Darul Hikmah Ketapang: Membaca dan Mengkaji

"Serangkaian acara digelar sebelumnya, seperti Kirab Obor di berbagai kota dan pertunjukan seni di Candi Borobudur pada 16 April mendatang," kata Warsito Ellwein.

Pesonas merupakan pengembangan dari Pornas yang hanya menggelar kegiatan olahraga saja.

Baca Juga: Kota Inklusif Pontianak: Ramah HAM dan Ramah Disabilitas

Dalam pergelatan 3-8 Juli mendatang, panitia akan memberi berbagai kesempatan insan bertalenta khusus untuk mengekspresikan diri dalam berbagai kegiatan termasuk seni dan budaya.

Halaman:

Editor: Maryadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Cara Majukan Olahraga Tinju Kalimantan Barat

Selasa, 4 Januari 2022 | 15:49 WIB
X