• Sabtu, 28 Mei 2022

Menkes Budi Dukung Pesonas Mulai dari Vaksin Hingga Swab

- Selasa, 19 April 2022 | 22:20 WIB
Menkes Budi (tengah) bertemu dengan pengurus PP Soina di kantornya hari ini. (Soina)
Menkes Budi (tengah) bertemu dengan pengurus PP Soina di kantornya hari ini. (Soina)

Inidata.id - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyatakan dukungan Kementerian Kesehatan untuk penyelenggaraan Pekan Special Olympic Nasional (Pesonas) yang akan diselenggarakan 3-8 Juli 2022 di Semarang, Jawa Tengah.

“Di acara Pesonas nanti, Kemenkes akan menyiapkan swab antigen untuk para atlet dan pendampingnya. Kami juga akan mendukung pemberian vaksinasi di daerah asal mereka sebelum keberangkatan ke Semarang,” kata Menkes Budi usai beraudiensi dengan pengurus Special Olympic Indonesia (Soina), organisasi penyelenggara Pesonas di kantornya hari ini.

Menkes Budi bilang, selain fasilitas vaksin dan swab, Kemenkes juga akan meminta para tenaga kesehatan dari RS Karyadi, Semarang untuk standby merawat peserta Pesonas, bila ada yang sakit saat acara berlangsung.

Baca Juga: Asa Solidaritas dan Silaturahim Ramadhan 2022: Melalui Bazar Minyak Goreng Murah

Tidak hanya itu juga, Menkes Budi berkata fasilitas yang tersedia di Politeknik Kesehatan dan Balai Pendidikan Kesehatan yang berlokasi disana juga bisa digunakan.

“Kedepannya kami juga akan memikirkan bagaimana teman-teman disabilitas intelektual ini bisa hidup lebih baik. Hal ini sedangkan kami diskusikan juga dengan para pelaku yang memahami bagaimana caranya membantu mereka,” kata Menkes Budi seraya menambahkan bahwa harus ada pendekatan dan sosialisasi kepada keluarga karena mereka lah support system paling besar dalam kehidupan para penyandang disabilitas intelektual.

Menurut Menkes Budi, Kemenkes akan melakukan riset genetik agar dapat mengatasi persoalan tingginya angka penyandang disabilitas intelektual tersebut.

“Saya kaget juga ada 2% penduduk atau 5,2 juta disbilitas intelektual di negeri kita. Cukup banyak. Siapa tahu kita bisa lakukan sesuatu seperti identifikasi lebih dini atau pengobatan dengan tekhnologi yang baru,” kata Menkes Budi.

Diimbangi Kelebihan

Halaman:

Editor: Maryadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Cara Majukan Olahraga Tinju Kalimantan Barat

Selasa, 4 Januari 2022 | 15:49 WIB
X