• Minggu, 29 Mei 2022

Dirjen Kebudayaan Dukung Ekspresi Seni Insan Berlatenta Khusus

- Selasa, 12 April 2022 | 15:53 WIB
Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid, batik merah dan Ketua umum  PP Soina Warsito Elewein, batik biru membicarakan soal ekpresi seni dalam Pesonas 2022. (Dirjen Kebudayaan)
Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid, batik merah dan Ketua umum PP Soina Warsito Elewein, batik biru membicarakan soal ekpresi seni dalam Pesonas 2022. (Dirjen Kebudayaan)

Inidata.id - Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid menyatakan pentingnya dukungan pemerintah dalam pelaksanaa Pekan Special Olympic Nasional (Pesonas) yang akan diselenggarakan 3-8 Juli 2022 mendatang.

Menurut dia, adalah tugas pemerintah dan panitia di lapangan untuk menyediakan fasilitas agar para atlet bertalenta khusus atau disabilitas intelektual ini dapat bergerak secara optimal.

Dia sepakat akan ada kerjasama Ditjenbud dengan panitia Pesonas untuk menyediakan ruang bagi anak-anak bertalenta khusus ini.

Baca Juga: Kota Inklusif Pontianak: Ramah HAM dan Ramah Disabilitas

"Dengan demikian mereka dapat melakukan kegiatan-kegiatan yang bisa mengekspresikan diri secara artistik, apakah itu berupa gerak, bunyi, gambar atau yang lainnya,” kata Hilmar Farid usai menerima panitia Pesonas di kantornya Jakarta.

Untuk itu, dia bilang akan ada pendalaman dan diskusi lebih lanjut dengan panitia Pesonas untuk melihat apa saja yang bisa dan perlu dilakukan bersama.

Namun intinya, kata Hilmar, semua dikembalikan kepada kebutuhan para atlet tuna grahita karena mereka lah yangmenjadi inti acara Pesonas tersebut.

“Dengan melihat dan mendengar lebih banyak suara dari teman bertalenta khusus ini, kita bisa mengembangkan Indonesia inklusif dengan lebih mudah. Pada dasarnya problem yang kita hadapi bukan pada mereka, tapi pada masyarakat yang perlu lebih memahami adanya perbedaan-perbedaan dalam masyarakat kita,” ujar Hilmar dikutip dalam pesan digitalnya.

Kegiatan untuk anak-anak disabilitas sudah digerakkan Ditjenbud sejak beberapa tahun yang lalu, dengan cara memberi ruang berekspresi yang lebih luas.

Halaman:

Editor: Maryadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Guru Pelopor Moderasi Beragama di Kubu Raya

Jumat, 8 April 2022 | 23:35 WIB
X