• Sabtu, 28 Mei 2022

Menilik Perpustakaan Kalise di Pontianak Utara Kalimantan Barat

- Selasa, 26 April 2022 | 22:21 WIB
Perpustakaan Kalise di Pontianak, Kalimantan Barat ini merupakan bagian dari indikator baca tulis. (Inidata.id)
Perpustakaan Kalise di Pontianak, Kalimantan Barat ini merupakan bagian dari indikator baca tulis. (Inidata.id)

Inidata.id - Peringatan Hari Kartini kemarin menjadi momen terindah bagi Annisa Maharani Nasran, Founder Kampung Literasi Selamat (Kalise), binaan PLN Kalimantan Barat berhasil meraih predikat juara pertama sekaligus terbaik dalam ajang lomba perpustakaan se-Kota Pontianak. Peringkat kedua diraih Kampung Literasi Bank Sampah Rosella, yang juga merupakan binaan PLN Kalimantan Barat.

"Kalise menjadi binaan program TJSL PLN sejak Bulan Desember tahun 2019 lalu. Sejak dibina oleh PLN Kalbar, Kalise jauh lebih maju dan terus berkembang," kata Annisa.

Dia bilang, perpustakaan Kalise ini merupakan bagian dari indikator baca tulis Kalise. Dengan menjadi juara pertama se-Kota Pontianak, selanjutnya Kalise akan menjadi perwakilan pada ajang yang sama tingkat provinsi.

Baca Juga: Berbagi Berkah Bulan Ramadhan 2022 YBM PLN UP3 Sanggau: Tali Asih untuk Anak Yatim dan Dhuafa

Dia menjelaskan, keberadaan Kalise secara umum merupakan gambaran literasi apa saja yang ada di kota Pontianak.

"Selain berusaha meningkatkan literasi di kota Pontianak, kami juga berusaha untuk melestarikan kearifan lokal yang dimiliki oleh masyarakat, agar kota Pontianak kedepannya dapat menjadi percontohan bagi kota-kota lain di Kalimantan Barat," kata Annisa.

Selain baca tulis, Kalise juga mengembangkan seni budaya, kuliner khas daerah, pendidikan, kesehatan, agama, dan ekonomi kreatif.

"Untuk perpustakaan Kalise sendiri, ada 3.500 koleksi buku. Karena Pemustaka lebih didominasi oleh usia anak sekolah, maka koleksi buku bacaan banyak berupa cerita anak dan buku pelajaran. Sementara untuk remaja dan Ibu-ibu rumah tangga ada ensiklopedia, buku seputar kuliner, budi daya, keterampilan, seni budaya, dan juga buku-buku keagamaan," kata Annisa.

Dia bilang, minat baca masyarakat di lingkungan Kalise cukup tinggi, rata-rata tiap bulan sekitar 150 hingga 200 pengunjung. Sementara data peminjaman buku perbulan antara 40 hingga 50 judul buku.

Halaman:

Editor: Fatul Birri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Guru Pelopor Moderasi Beragama di Kubu Raya

Jumat, 8 April 2022 | 23:35 WIB
X