• Jumat, 8 Juli 2022

SUN Energy, WIKA, dan Universitas Tanjungpura Resmikan Pembangunan Bakal Calon PLTS: Terbesar se-Indonesia

- Selasa, 24 Mei 2022 | 12:43 WIB
Kedua pihak berharap dengan hadirnya PLTS di institusi pendidikan mampu menjadi bagian dari aktivitas pendidikan.  (Inidata.id)
Kedua pihak berharap dengan hadirnya PLTS di institusi pendidikan mampu menjadi bagian dari aktivitas pendidikan. (Inidata.id)

Inidata.id - Ini adalah sistem PLTS terbesar di institusi pendidikan se-Indonesia berkapasitas 1,5 MWp terletak di Kalimantan Barat tepatnya di Universitas Tanjungpura Pontianak kolaborasi SUN Energy dan PT Wika Industri Energi ini memecahkan rekor PLTS terbesar di institusi pendidikan se-Indonesia.

Sebelumnya yang dipegang oleh Institut Teknologi Sumatera dengan kapasitas 1 MWp Sistem PLTS dihadirkan bersama dengan Laboratorium Energi Baru Terbarukan di Universitas Tanjungpura Pontianak.

Institusi pendidikan telah berkontribusi aktif dengan mengambil peran dalam upaya transisi energi.

Baca Juga: Kembangkan Obat Tradisional untuk Diabetes, DPPU Supadio Bekerjasama dengan Untan

Tidak hanya melalui pemanfaatan energi baru terbarukan, institusi pendidikan turut berperan sebagai sentra pengembangan ilmu pengetahuan melalui kajian ilmiah dan riset, peningkatan sumber daya manusia, serta peningkatan mutu dalam hal pengembangan pengembangan energi baru terbarukan di Indonesia.

Tentunya hal tersebut juga mendukung pengenalan energi terbarukan sebagai energi bersih yang merupakan wujud energi di masa depan kepada para pelajar yang merupakan bagian dari generasi muda.

Diketahui terdapat sederet nama institusi pendidikan yang telah mengembangkan sistem PLTS di Indonesia, pada hari ini, SUN Energy sebagai perusahaan pengembang proyek energi surya yang telah mencatatkan proyek lebih dari 250 MWp di kawasan Asia Pasifik, kembali menambah portofolio proyek ke-8 di Kawasan Institusi Pendidikan, yaitu Universitas Tanjungpura yang berlokasi di Pontianak, Kalimantan Barat dengan kapasitas 1,5 MWp.

PLTS yang akan memecahkan rekor sebagai PLTS dengan kapasitas terbesar di antara institusi pendidikan lainnya di Indonesia inidiresmikan oleh beberapa pihak, di antaranya: Dirjen Dikti Kemdikbudristek Profesor Nizam, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, dan Rektor Universitas Tanjungpura Pontianak Profesor Garuda Wiko.

"Bersamaan dalam rangka Dies Natalis Universitas Tanjungpura, kami terus bergerak dengan menekankan nilai inovasi dan kolaborasi," kata Rektor Universitas Tanjungpura Pontianak Profesor Garuda Wiko pada kesempatan acara Groundbreaking PLTS Universitas Tanjungpura Pontianak.

Halaman:

Editor: Fatul Birri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Guru Pelopor Moderasi Beragama di Kubu Raya

Jumat, 8 April 2022 | 23:35 WIB
X