• Kamis, 18 Agustus 2022

Ingat dan Catat Ya, Arsip Itu Sebagai Simpul Pemersatu Bangsa

- Rabu, 6 Juli 2022 | 16:55 WIB
Ingat dan Catat Ya, Arsip Itu Sebagai Simpul Pemersatu Bangsa. (Inidata.id)
Ingat dan Catat Ya, Arsip Itu Sebagai Simpul Pemersatu Bangsa. (Inidata.id)

Inidata.id - Pimpinan Dewan Harian Daerah Badan Pembudaya Kejuangan 45 (DHD 45) Kalimantan Barat Syafaruddin Daeng Usman hari ini mengunjungi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Barat di Jalan Sutan Syahrir Kota, Pontianak.

Kunjungan ini dimaksudkan selain silaturrahmi, juga disampaikan belasan dokumen dan arsip Kalimantan Barat pada masa kolonial Belanda yang sudah tersusun baik.

Di samping itu, juga disampaikan juga buku terbitan Pustaka 45 Kalimantan Barat tentang biografi beberapa pejuang daerah di antaranya memoar Ya’ Syarif Umar, Alianyang, Profesor H Mahmud Akil SH dan serta lainnya sejumlah manuskrif perjuangan berbagai daerah Kalimantan Barat pada masa revolusi fisik 1945–1950.

Baca Juga: Orangtua Anak Bertalenta Khusus Deklarasikan Komitmen Bersama

"Kami menyampaian dokumen dan arsip ini dalam rangka bersinergi untuk melestari dan budayakan jiwa semangat nilai juang dan kejuangan bangsa Indonesia khususnya bagi generasi muda,kata Pimpinan Dewan Harian Daerah Badan Pembudaya Kejuangan 45 (DHD 45) Kalimantan Barat Syafaruddin Daeng Usman.

Tidak hanya saat ini saja, dia berkata setelah terhimpun dokumen dan arsip lainnya akan segera disusulkan untuk diserahkan bersama sejumlah koleksi foto, surat kabar dan rekam suara tokoh Kalimantan Barat tempo dulu.

Kunjungan ke arsip daerah selain diikuti Syafrudin Daeng Usman, juga Isnawita Yahya, HA Muin Aliaman dan beberapa pengurus lainnya.

Baca Juga: Tolong, Luwu Utara Kembali Diterjang Bencana Banjir: 76 Kepala Keluarga Terdampak

Prosedur

Halaman:

Editor: Fatul Birri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Apa Itu PPDB? Berikut Arti dari PPDB dan Fungsinya

Rabu, 3 Agustus 2022 | 19:20 WIB
X