• Jumat, 29 September 2023

Denny Indrayana Sampaikan Isu Putusan MK, KPI: Bisa Terjerat Pasa Berita Bohong

- Senin, 29 Mei 2023 | 17:19 WIB
Ilustrasi Sidang Putusan MK (Mahkamah Konstitusi)
Ilustrasi Sidang Putusan MK (Mahkamah Konstitusi)

Inidata.id- Pakar hukum tata negara, Denny Indrayana bercuit melalui media sosial twitter soal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sistem pemilu 2024.

"Pagi ini saya mendapatkan informasi penting. MK akan memutuskan pemilu legislatif kembali ke sistem proporsional tertutup, kembali memilih tanda gambar partai saja. Info tersebut menyatakan, komposisi putusan 6 berbanding 3 dissenting," tulisnya pada Minggu (28/5/2023).

Cuitan tersebut sontak mimicu gejolak politik di tanah air, terlepas kabar tersebut belum dapat dibuktikan kebenarannya.

Baca Juga: Tak Hanya Suka, 4 Hal Ini Jadi Alasan Mengapa Kamu Perlu Ekstra Sabar Menghadapi Wanita Taurus

Kabar tersebut berpotensi menimbulkan ketidakpercayaan masyarakat terhadap Pemerintah dan mudah menerbitkan keonaran dikalangan rakyat.

Lalu Kongres Pemuda Indonesia (KPI) turut memberi respon atas hal ini.

Presiden KPI, Pitra Romadoni Nasution menjelaskan, jika benar MK memutuskan pemilu tertutup dengan menampilkan gambar partai saja, itu juga menyalahi aturan.

Baca Juga: Gandeng 7 Institusi Pendidikan, KKP Perkuat Tim Ahli Pengungkapan Kasus Perikanan

Pitra melanjutkan, jika pernyataan Denny Indrayana benar adanya, itu sama saja Rahasia Negara berupa hasil keputusan MK sebelum diputuskan secara sah dan resmi telah diberitahukan melalui pihak ketiga sehingga kredibilitas, integritas dan kehormatan MK perlu dipertanyakan.

"Juga untuk informan tersebut harus di usut tuntas untuk diproses secara hukum karena telah membocorkan rahasia negara yang dapat menimbulkan keonaran," terang Pitra.

Pitra menambahkan, pihaknya juga meminta agar hakim MK yang mengadili sengketa tersebut segera dimintai keterangan, apabila terbukti ada keterlibatan para hakim MK, KPI menyarankan untuk mencopot para hakim konstitusi tersebut.

Baca Juga: Mengenal Karakter Wanita Zodiak Taurus: Ini 4 Sifat yang Perlu Kamu Ketahui

"Kami meminta Polri untuk segera memanggil Denny Indrayana terkait informasi yang disampaikannya kepada publik," tegas Pitra.

Apabila nantinya MK memutuskan pemilu legislatif tidak ke sistem proporsional tertutup atau JR tersebut ditolak, sehingga patut diduga Denny Indrayana telah menyebarkan kabar tidak pasti dan informasi bohong.***

Halaman:

Editor: Mela Pauziah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X