• Sabtu, 28 Mei 2022

Hujan Es Terjadi di Samalantan Bengkayang Kalbar Sabtu Akhir Pekan, Ini Faktor Kuat Pemicunya

- Minggu, 27 Maret 2022 | 00:50 WIB
Hujan es terjadi di Samalantan Kabupaten Bengkayang, Kalbar hari ini (Foto: BMKG Kalbar)
Hujan es terjadi di Samalantan Kabupaten Bengkayang, Kalbar hari ini (Foto: BMKG Kalbar)

Inidata.id - Hujan es terjadi di Samalantan, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat (Kalbar) pada Sabtu siang, 26 Maret 2022.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Supadio Pontianak, Kalimantan Barat pada Minggu dinihari, 27 Maret 2022 diterima Inidata.id, hujan es adalah fenomena alami yang sudah pernah beberapa kali terjadi.

Sebelumnya sudah terjadi hujan es di Kalimantan Barat setidaknya sebanyak 6 kali. Hujan es sering terjadi pada siang hingga sore hari, namun dapat juga terjadi pada malam hari, seperti yang terjadi di Kabupaten Sekadau tahun 2020.

Baca Juga: Ini Alasan Gubernur Zainal Buka Keterisolasian Jalan Perbatasan di Kalimantan Utara

BMKG mencatat, faktor kuat pemicu terjadinya hujan es adalah gaya angkat massa udara yang kuat akibat adanya pemanasan yang kuat sebelumnya, sehingga uap air dengan mudah naik ke atas menjadi awan cumulonimbus yang besar, menjulang tinggi dengan dasar awan yang rendah.

Kejadian hujan es sering disertai dengan angin kencang berdurasi singkat. Fenomena terjadinya hujan es dapat dianalisis dengan satelit dan radar cuaca.

Puncak Awan

Pada satelit cuaca, fenomena hujan es ditandai dengan penurunan secara drastis suhu puncak awan. Pada radar cuaca terlihat adanya nilai reflektifitas yang tinggi, lebih dari 50 dBz.

Potensi terjadi hujan di beberapa wilayah Kalimantan Barat dalam waktu dekat diprakirakan masih terjadi pada tanggal 27–28 Maret 2022, khususnya pada wilayah Kalbar bagian tengah hingga timur yaitu Kab/Kota: Landak, Sanggau, Sekadau, Sintang, Melawi dan Kapuas Hulu.

Halaman:

Editor: Maryadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X