• Sabtu, 28 Mei 2022

Kuliah Tujuh Menit Ramadhan di Masjid Besar Darul Hikmah Ketapang: Membaca dan Mengkaji

- Senin, 11 April 2022 | 06:53 WIB
 Wagub Kalimantan Barat Ria Norsan merinci membaca dan mengkaji adalah kunci. (Inidata.id)
Wagub Kalimantan Barat Ria Norsan merinci membaca dan mengkaji adalah kunci. (Inidata.id)

Inidata.id - Sesaat sebelum shalat tarawih dilaksanakan, Wakil Gubernur Kalimantan Barat Ria Norsan berpesan dalam kuliah tujuh menit (Kultum) di Masjid Besar Darul Hikmah, Kabupaten Ketapang, umat muslim harus menjadi orang yang dirindukan oleh surga Allah.

Wagub Ria Norsan merinci, ada empat kelompok orang dirindukan oleh surganya Allah. Yang pertama, orang yang selalu membaca, mengkaji, dan mengamalkan isi dari Alquran dalam kehidupan sehari-hari. Sebab Alquran itu sebagai pedoman dan petunjuk bagi umat muslim.

"Insya Allah kita akan selamat dunia dan akhirat," ucap Wagub Ria Norsan saat kuliah tujuh menit.

Baca Juga: Anak Kolong Miliki Jiwa Korsa Kuat, Ini Kata Wagub Kalbar Ria Norsan

Untuk yang kedua, yakni orang yang selalu menjaga lisannya atau menjaga lidahnya untuk tidak mengeluarkan kata-kata yang membuat menyakiti perasaan orang lain.

"Terkadang dengan tidak sengaja apa yang kita katakan dapat membuat sakit hati orang lain dalam bersosialisasi," kata Wagub Ria Norsan.

Kemudian yang ketiga yaitu kita selalu menafkahkan rezekinya di jalan Allah, baik dalam waktu lapang maupun sulit.

"Artinya apa, orang yang selalu bersedekah kepada kaum yang tidak mampu. Meskipun demikian jika kita kurang mampu namun bersedekah ke orang lain, mungkin pahalanya lebih besar, karena pengorbanannya juga lebih besar dibandingkan orang yang mampu," kata dia.

Untuk yang keempat yaitu kelompok orang-orang dirindukan surga yaitu menjalankan ibadah di bulan Ramadhan dengan sebaik-baiknya akan diberikan pahala besar.

"Menjalankan ibadah pada bulan suci Ramadhan ini kita dengan sungguh-sungguh dan sebaik-baiknya Insya Allah akan masuk surga," kata Wagub Ria Norsan.

Salurkan Bantuan

Halaman:

Editor: Fatul Birri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X