• Minggu, 29 Mei 2022

Ini Implementasi Nilai Ramadhan dalam Kehidupan Prajurit TNI Kalimantan Barat

- Senin, 25 April 2022 | 19:57 WIB
Implementasi nilai Ramadhan ini diharapkan para prajurit TNI di Kalimantan Barat dapat meningkatkan kualitas dimensi keagamaan. (Inidata.id/Maryadi)
Implementasi nilai Ramadhan ini diharapkan para prajurit TNI di Kalimantan Barat dapat meningkatkan kualitas dimensi keagamaan. (Inidata.id/Maryadi)

 

Inidata.id - Inilah implementasi nilai Ramadhan dalam kehidupan prajurit TNI di Kalimantan Barat.

Cara implementasi nilai Ramadhan adalah meningkatkan iman dan taqwa sekaligus pembinaan mental personel umat Islam Kodam XII/Tanjungpura memperingati Nuzulul Quran Tahun 1443 H/2022 M sekaligus dirangkaikan dengan kegiatan buka puasa bersama di Masjid Nurul Ikhlas, Makodam XII/Tanjungpura, Kabupaten Kubu Raya.

Acara implementasi nilai Ramadhan ini memperingati peristiwa turunnya Quran pertama kali kepada Nabi Muhammad SAW ini dipimpin oleh Kabintaljarahdam XII/Tpr, Kolonel Infanteri Heru Kuntjoro Pribadi.

Baca Juga: Ramadhan 2022 Berbagi: Dompet Ummat Bersama Mitra Anda Muliakan Anak Yatim dan Dhuafa Pontianak

Kegiatan implementasi nilai Ramadhan diikuti dengan khusyu' oleh para prajurit dan PNS Kodam XII/Tpr yang beragama Islam. Kegiatan diisi dengan ceramah yang disampaikan Letnan Kolonel Infanteri Rustam Effendi Hasibuan.

"Peringatan Nuzulul Quran ini merupakan bentuk wujud rasa syukur atas kebesaran Allah SWT karena malam Nuzulul Quran merupakan waktu diturunkannya pertama kali Al Quran kepada Nabi Muhammad SAW tepatnya pada tanggal 17 Ramadhan," kata Kabintaljarahdam XII/Tpr, Kolonel Infanteri Heru Kuntjoro Pribadi hari ini.

Dia mengingatkan, bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat dimuliakan oleh umat Islam dan bulan yang penuh barokah, penuh pahala serta pengampunan dosa.

Dia mengatakan, pada bulan Ramadhan ini terdapat satu malam yang sangat istimewa yaitu Lailatul Qadar, malam yang penuh berkah dan nilai kebaikannya lebih baik dari pada seribu bulan.

Keberkahan Lailatul Qadar ini berlipat ganda karena hanya turun pada bulan suci Ramadhan saja.

"Sebagai umat Islam harus senantiasa menggali hikmah yang terkandung didalamnya, sehingga dapat memantapkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah dalam menghadapi segala situasi yang terjadi di dunia ini," kata dia.

Halaman:

Editor: Maryadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X