• Jumat, 8 Juli 2022

Dana Abadi LSM: Meningkatkan Kualitas Demokrasi Lokal di Indonesia

- Rabu, 1 Juni 2022 | 16:50 WIB
Foto Ilustrasi: Dana Abadi LSM: Meningkatkan Kualitas Demokrasi Lokal di Indonesia. (Pixabay/Mohamed Hassan)
Foto Ilustrasi: Dana Abadi LSM: Meningkatkan Kualitas Demokrasi Lokal di Indonesia. (Pixabay/Mohamed Hassan)

Inidata.id - Pengakuan atas kerja dan kontribusi LSM atau Lembaga Swadaya Masyarakat di tingkat lokal, termasuk salah satunya dengan menciptakan lingkungan pendukung LSM melalui dana abadi LSM.

Ini dana abadi LSM merupakan dukungan dana bagi LSM di Indonesia termasuk di tingkat lokal yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Melalui dana abadi LSM ini akan memiliki opsi yang lebih banyak untuk dapat menjalankan kerja-kerjanya dan membantu menjalankan prioritas pembangunan pemerintah pusat dan daerah.

Baca Juga: Tata Cara Terkini Kelola Sampah Pontianak Jadi Bahan Bakar Energi Baru Terbarukan

Bambang Teguh Karyanto, Direktur LSDP SD Inpress Jember menyatakan, untuk mewujudkan dana abadi LSM ini diperlukan aturan kebijakan yang akan melaksanakan pelaksanaan dana abadi LSM, misalnya dalam bentuk Peraturan Presiden (Perpres).

"Bagi kami LSM yang ada di daerah, jika dana abadi LSM ini terwujud pasti akan sangat membantu bukan hanya bagi LSM di daerah namun juga bagi LSM di daerah," kata Bambang.

Dina Mariana, Direktur Institute for Research and Empowerment (IRE) Yogyakarta berpendapat tentang dana abadi LSM itu.

Dia bilang, untuk menjalankan kerja-kerjanya, LSM di daerah memiliki tantangan berat. Sebagian besar dari LSM di Indonesia sebagian besar bergantung pada lembaga donor, sementara sebagian besar LSM di daerah memiliki kapasitas yang terbatas untuk dapat mengakses dana dari lembaga donor karena kebutuhan yang dipenuhi oleh LSM Lokal tanpa afirmasi.

"Karena inisiatifnya untuk mewujudkan dana abadi LSM harus didukung oleh semua pihak terutama pemerintah," kata Dina.

Halaman:

Editor: Maryadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X