• Selasa, 16 Agustus 2022

Tolong, Dua Rumah Warga Bone Bolango Hanyut Akibat Bencana Banjir Bandang

- Sabtu, 16 Juli 2022 | 16:17 WIB
Tolong, Dua Rumah Warga Bone Bolango Hanyut Akibat Bencana Banjir Bandang. (BPBD Kabupaten Bone Bolango)
Tolong, Dua Rumah Warga Bone Bolango Hanyut Akibat Bencana Banjir Bandang. (BPBD Kabupaten Bone Bolango)

Inidata.id - Informasi bencana banjir bandang menerjang Desa Tongo, Kecamatan Bonepantai, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. Dua rumah warga hanyut akibat derasnya arus saat peristiwa itu terjadi pada pukul 08.10 setempat atau WITA.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bone Bolango dalam keteranganya menginformasikan tidak ada warga yang menjadi korban atau luka-luka saat insiden berlangsung. Di samping itu, tidak ada evakuasi warga meskipun tinggi muka air mencapai 100 cm. Namun demikian, laporan yang diterima Pusat Pengendalian Operasi BNPB pada malam ini, sekitar pukul 20.00 WIB, genangan sudah mulai surut pada beberapa titik di desa terdampak.

Selain rumah hanyut, banjir bandang juga berdampak pada rumah warga 106 unit, puskesmas 1 unit, dan masjid 1 unit. Sedangkan dampak terhadap masyarakat, BPBD setempat mencatat sebanyak 106 KK atau 342 jiwa.

Baca Juga: Tolong, Luwu Utara Kembali Diterjang Bencana Banjir: 76 Kepala Keluarga Terdampak

Pascakejadian, petugas BPBD bersama dinas terkait dan warga membersihkan material sampah dan lumpur. Kegiatan in dilakukan pada kawasan yang genangannya telah surut.

Di samping itu, personel BPBD telah membagikan makanan siap saji dan asesmen di lokasi terdampak, sedangkan Dinas PUPR Kabupaten Bone Bolango mendistribusikan air bersih.

Petugas kesehatan memberikan pelayanan medis kepada warga. BPBD setempat menginformasikan, penanganan darurat dilakukan secara kolaborasi antara TNI, Polri, Tagana, relawan KSB Lumayi’o dan warga.

Baca Juga: Tolong, Puluhan Kelapa Keluarga Mengungsi Akibat Banjir dan Longsor Maluku Barat Daya

Banjir di Desa Tongo ini terjadi setelah hujan intensitas sedang hingga lebat mengguyur wilayah pesisir pada pagi tadi.

Halaman:

Editor: Maryadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Keris Tidak Hanya Dipakai untuk Bertarung, tapi...

Selasa, 26 Juli 2022 | 22:08 WIB
X