• Jumat, 7 Oktober 2022

Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan Indonesia: Meriah Khidmat Penampilan Reog Ponorogo hingga Marching Band

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 21:47 WIB
Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan Indonesia: Meriah Khidmat Penampilan Reog Ponorogo hingga Marching Band. ( Biro Administrasi Pimpinan Jatim)
Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan Indonesia: Meriah Khidmat Penampilan Reog Ponorogo hingga Marching Band. ( Biro Administrasi Pimpinan Jatim)

Inidata.id - Rangkaian upacara peringatan Detik-Detik Proklamasi hingga upacara penurunan bendera dalam rangka HUT Kemerdekaan Indonesia yang ke 77 berlangsung meriah di halaman Gedung Negara Grahadi, Rabu (17/8/2022).

Setelah dua tahun dilanda pandemi, tahun ini penyelenggaraan upacara Kemerdekaan Indonesia dihelat maksimal dengan atraksi penampilan seni budaya khas Jatim dan juga penampilan para pelajar Jatim.

Meski dilangsungkan meriah namun pelaksanaan upacara peringatan Kemerdekaan Indonesia kali ini tetap khidmat dan juga ketat protokol kesehatan dengan mengenakan masker.

Baca Juga: Surat Tanda Daftar Budidaya: Kolaborasi Bersama SIAR dan Pokja Percepatan Pertumbuhan Hijau

Rangkaian upacara Kemerdekaan Indonesia ini dibuka dengan penampilan tarian kolosal bertajuk Sumpah Amukti Palapa. Lewat tarian ini, para pelajar Jawa Timur menampilkan bagaimana kejayaan kerajaan Majapahit yang dengan kesaktian Sumpah Palapa mampu menyatukan nusantara.

"Mengapa Majapahit, karena kerajaan ini memiliki nilai luar biasa. Karena nusantara adalah bagian dari Sumpah Palapa yang disampaikan Patih Gajah Mada. Bahwa nusantara adalah akar dari Indonesia yang diinisiasi oleh Kerajaan Majapahit," kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang berlaku sebagai inspektur upacara.

Pulau-pulau terluar disatukan oleh Maha Patih Gajah Mada dengan sumpah Palapanya. Yang telah menjadi cikal bakal kesatuan NKRI.

Dengan ditampilkan dalam cerita dan tarian kolosal, maka ia ingin penampilan Tari Kolosal Sumpah Amukti Palapa mampu mendesiminasikan bahwa kemerdekaan juga memiliki sejarah yang panjang dan kuat dari Jawa Timur. Karena Majapahit memiliki pusat kerajaan di Jawa Timur.

Tidak sampai di sana, upacara kali ini juga dimeriahkan dengan tarian khas Jawa Timur serta Reog Ponorogo. Penampilan reog Ponorogo ini ditampilkan oleh para pelajar Jatim.

Halaman:

Editor: Maryadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X