Bangsal Tembakau Musnah, Muncullah Festival Koeli Kontrak

- Selasa, 3 Januari 2023 | 20:25 WIB
Bangsal Tembakau Musnah, Muncullah Festival Koeli Kontrak
Bangsal Tembakau Musnah, Muncullah Festival Koeli Kontrak

Inidata.id - Beginilah bangsal tembakau yang dulu digunakan untuk menjemur tembakau kini ternyata sudah musnah.

Padahal bangsal tembakau yang jumlahnya ratusan itu merupakan warisan sejarah kelam yang keberadaannya justru sangat diperlukan guna kepentingan sejarah dan masa depan.

Hal itu dikatakan Ayub, penerima manfaat Dana Indonesiana untuk pengelolaan Ruang Terbuka Publik yang akan menyelenggarakan Festival Koeli Kontrak, 14-15 Januari 2023 mendatang.

"Festival Koeli Kontrak adalah sebuah kegiatan seni budaya yang bernuansa Jawa Deli, namun tujuannya untuk mengenang kembali peristiwa kelam tentang perburuhan di kebun tembakau Deli dan juga untuk kembali mempertanyakan tentang musnahnya bangsal tembakau yang bisa menjadi cagar budaya," kata Ayub di Medan, Sumatera Utara dikutip dalam keterangannya pada Selasa (3/1/2023).

Baca Juga: 3 Langkah Ketika Ingin Membeli Mobil Bekas

Kata Ayub yang juga penggiat budaya dan teater ini, ide lahirnya Festival Koeli Kontrak, setelah melakukan riset dengan beberapa tamannya, Agus Susilo dan Rizal Siregar dan menemukan bahwa saat ini bangsal tembakau sudah tak ada lagi.

"Kalau di Desa Saintis bangsal tembakau sudah ludes tak bersisa. Bahkan gudang tembakau yang ada tulisan 1926 itu juga sudah tidak ada. Bukan cuma di Saintis tapi di Sampali, di Helvetia, di Hamparan Perak, Bulu Cina dan Kelambir 5 juga sudah tak tampak lagi," katanya.

Hal inilah yang membuat Ayub kemudian bersama rekannya Agus Susilo mencoba mengirim proposal ke Dana Indonesiana pada bulan Maret yang lalu. Syukur, proposal tersebut lolos dan kini tahap persiapan pelaksanaan.

"Jadi dengan adanya festival Koeli Kontrak ini kita berharap kepada pemerintah daerah agar sadar dan punya kepedulian terhadap bangsal tembakau yang mempunyai sejarah teramat dekat dengan masyarakat suku Jawa yang tinggal di Deli Serdang sekitarnya itu," katanya.

Halaman:

Editor: Fatul Birri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X