• Jumat, 29 September 2023

YLBHI Kecam Tindakan Kekerasan Aparat Terhadap Demonstran Mahasiswa di Lampung

- Kamis, 30 Maret 2023 | 22:30 WIB
Sejumlah massa aksi yang terdiri dari mahasiswa ditangkap dan digelandang ke Polres Bandar Lampung (Inidata.id/Istimewa)
Sejumlah massa aksi yang terdiri dari mahasiswa ditangkap dan digelandang ke Polres Bandar Lampung (Inidata.id/Istimewa)

Inidata.id- Sejumlah massa aksi yang tergabung dalam Aliansi Lampung Memanggil dipukul mundur oleh pihak aparat saat melakukan aksi cabut PERPPU Cipta Kerja di Provinsi lampung, Kamis (30/3/2023).

Aksi yang dimulai dengan konvoi dari Tugu Adipura menuju titik aksi di gedung DPRD Provinsi Lampung ini semula berjalan baik.

Di mulai pada pukul 11.35 WIB para peserta aksi melakukan orasi politiknya, sembari beberapa perwakilan melakukan negosiasi dengan aparat agar bisa masuk ke pelataran DPRD.

Baca Juga: Melihat Agama Sebagai Warisan Kultural Ala Denny JA

Aksi sempat terhenti untuk istirahat, dari jam 12.00-13.00 WIB.

Seusai istirahat massa kembali melakukan orasi politik bergantian, sambil melanjutkan negosiasi agar masa aksi bisa masuk ke pelataran.

Menurut pernyataan tertulis Direktur YLBHI LBH Bandar Lampung, Sumaindra Jarwadi, sekitar pukul 15.30 WIB massa aksi dipukul mundur dengan menggunakan water canon.

Bahkan aparat pun sempat menembakkan gas air mata ke arah massa aksi, hingga menimbulkan kericuhan.

Pada saat yang bersamaan banyak dari massa aksi ditangkap secara acak dan direpresif.

Baca Juga: Mantan Kepala BPKAD Takalar Jadi Tersangka Kasus Korupsi Tambang Pasir Laut

Ada sekitar 48 massa aksi yang terdiri dari mahasiswa ditangkap dan digelandang ke Polres Bandar Lampung. Hingga saat ini LBH Bandar Lampung juga masih mencoba untuk menginventarisir data massa aksi yang mengalami luka-luka.

Terkait kejadian tersebut, pengurus YLBHI mengecam tindakan kekerasan aparat, yang melakukan pelanggaran Hak Asai Manusia terhadap kebebasan berekspresi dan berpendapat yang dijamin oleh konstitusi dan Undang – Undang.

YLBHI mendesar Kapolri untuk menindak tegas Kapolda Lampung beserta aparat pelaku kekerasan dan pelanggaran hukum yang dilakukan terhadap massa demonstrasi mahasiswa.

Lebih lanjut, YLBHAI juga meminta Komnas HAM untuk segera melakukan pemantauan dan penyelidikan atas dugaan pelanggaran HAM yang dilakukan oleh Kapolda Lampung beserta jajarannya.***

Halaman:

Editor: Mela Pauziah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

OPINI: Perlunya Bersikap Rendah Hati

Minggu, 3 September 2023 | 23:59 WIB

OPINI: Hargailah, Walau Hal Sekecil Apapun Itu

Selasa, 22 Agustus 2023 | 23:22 WIB

Pengurusan SIM Baru Akan Lebih Mahal

Senin, 19 Juni 2023 | 19:00 WIB
X