• Sabtu, 28 Mei 2022

Cara Sinergi Tim Cyber Crawling, Bea Cukai Batam: Amankan Peredaran Puluhan Ribu Rokok Ilegal

- Rabu, 6 April 2022 | 20:19 WIB
Informasi diolah oleh tim Cyber Crawling dan Bea Cukai Batam terbukti efektif dan mampu memberikan dampak besar untuk menghentikan peredaran puluhan ribu rokok ilegal. (Bea Cukai Batam)
Informasi diolah oleh tim Cyber Crawling dan Bea Cukai Batam terbukti efektif dan mampu memberikan dampak besar untuk menghentikan peredaran puluhan ribu rokok ilegal. (Bea Cukai Batam)

Inidata.id - Bea Cukai terus lakukan penindakan peredaran rokok ilegal. Operasi rokok ilegal ditujukan untuk menekan peredaran rokok ilegal, dan meningkatkan demand terhadap rokok legal.

Dalam meningkatkan efektivitas operasi gempur rokok ilegal, Bea Cukai menggunakan strategi tertentu dalam pelaksanaan operasi.

Kepala Seksi Layanan Informasi Bea Cukai Batam Undani mengungkapkan, pengawasan barang kena cukai hasil tembakau (BKC HT) melibatkan seluruh unsur Bea Cukai, baik di pelayanan, pengawasan, kehumasan, maupun kepatuhan internal.

Baca Juga: Sambut Wisman Perdana di Bintan Dengan Skema Travel Bubble

Secara umum, pengawasan BKC HT yang dilakukan oleh Bea Cukai dibagi menjadi strategi preventif dan represif.

“Strategi represif yang dilakukan oleh Bea Cukai antara lain menggunakan skema operasi cukai, dan pengolahan informasi oleh tim Cyber Crawling," kata Undani hari ini Rabu, 6 April 2022 di Batam, Kepulauan Riau.

Dalam skema Cyber Crawling, Bea Cukai mengintensifkan pengawasan peredaran BKC HT yang dijual dan diedarkan melalui marketplace dan media sosial, dengan melakukan mekanisme Cyber Patrol.

"Melalui informasi yang didapatkan dari skema Cyber Crawling, Bea Cukai dapat melakukan pengawasan BKC HT dengan lebih efektif. Dan dapat melakukan sinergi dan kolaborasi dalam menindak BKC HT ilegal,” kata Undani dalam pesan digitalnya.

Operasi

Halaman:

Editor: Maryadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Puisi Cinta

Minggu, 17 April 2022 | 01:09 WIB
X