• Jumat, 8 Juli 2022

Investasi Hidroponik: Tak Mati Diterjang Pandemi

- Jumat, 17 Juni 2022 | 14:46 WIB
Sayuran Hidroponik di Jalan Siaga, Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. (Inidata.id)
Sayuran Hidroponik di Jalan Siaga, Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. (Inidata.id)

Inidata.id - Selama beberapa tahun terakhir, bisnis hidroponik menjadi pilihan masyarakat untuk melakukan pertanian di lahan dengan luas terbatas.

Namun tak sedikit yang kemudian menjadikannya sebagai sumber penghasilan karena bernilai ekonomi tinggi. Sayuran hidroponik, tak seperti sayuran lainnya di pasar tradisional, dapat dijual di atas harga pasaran.

Selain itu bertanam hidroponik juga menjadi alternatif menghasilkan tanaman sehat dan terhindar dari pestisida, sehingga sangat cocok untuk keluarga-keluarga yang sedang menerapkan hidup sehat serta menyukai sayur organik.

Baca Juga: Menakar Distribusi Elpiji Bersubsidi di Kayong Utara: Pemetaan Sesuai Data dan Fakta

Uddin & Dhar (2018) menyatakan bahwa sistem hidroponik mampu menghasilkan produksi tanaman yang relatif tinggi dan dengan frekuensi lebih sering, serta lebih kaya gizi.

Sistem hidroponik terbukti mampu memberikan hasil produksi yang lebih baik dibandingkan budi daya di rumah kaca maupun di lingkungan terbuka sebagaimana penelitian yang telah diterapkan di wilayah Eropa (Romeo et al. 2018).

Sistem hidroponik vertikal di perkotaan sangat cocok dibuat sebagai suatu sistem yang produktif, tidak hanya untuk pemenuhan kebutuhan rumah tangga, melainkan sebagai sumber penghasilan (Poznickova 2019).

Di antara banyak keunggulan hidroponik yakni leberhasilan tanaman untuk tumbuh dan berproduksi lebih terjamin.

Perawatan lebih praktis dan gangguan hama lebih terkontrol dan pemakaian pupuk lebih hemat (efisien), maka tanaman (hidroponik) yang mati lebih mudah diganti dengan tanaman yang baru.

Halaman:

Editor: Fatul Birri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Puisi: Berharap Tetap

Minggu, 3 Juli 2022 | 21:17 WIB

Puisi: Hanya Bayang

Minggu, 3 Juli 2022 | 21:09 WIB

Investasi Hidroponik: Tak Mati Diterjang Pandemi

Jumat, 17 Juni 2022 | 14:46 WIB

Puisi: Cinta

Minggu, 17 April 2022 | 01:09 WIB
X