• Selasa, 16 Agustus 2022

Tolong, Puluhan Desa di Kabupaten Garut Jawa Barat Terendam Banjir Bandang

- Sabtu, 16 Juli 2022 | 16:53 WIB
Tolong, Puluhan Desa di Kabupaten Garut Jawa Barat Terendam Banjir. (BNPB)
Tolong, Puluhan Desa di Kabupaten Garut Jawa Barat Terendam Banjir. (BNPB)

Inidata.id - Bencana banjir merendam dua puluh desa yang tersebar di delapan kecamatan di Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut melaporkan banjir dipicu oleh hujan lebat yang terjadi sejak Jumat (15/7/2022) malam pukul 20.00 WIB.

Adapun 20 desa yang terdampak adalah Desa Cibodas di Kecamatan Cikajang, Desa Peminggir, Desa Kota Kulon, Desa Ciwalen, Desa Muara Sanding, dan Desa Sukamantri di Kecamatan Garut Kota.

Sementara di Kecamatan Tarogong Kidul terdapat 5 desa yang terendam yaitu Desa Sukakarya, Desa Haurpanggung, Desa Sukajaya, Desa Jayawaras, dan Desa Jayaraga. Desa Panembong dan Desa Mulyasari di Kecamatan Bayongbong, DesaSuci, Desa Suci Kaler, Desa Lengkong Jaya, dan Desa Sindanglaya di Kecamatan Karangpawitan, Desa Sukarati di Kecamatan Banyuresmi, Desa Ngamplang di Kecamatan Cilawu, dan Desa Mekarsari di Kecamatan Cibatu.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Aries: 6 Alasan Utama untuk Suka Menjadi Aries

Berdasarkan laporan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB, sebanyak 142 KK atau 451 jiwa terdampak banjir dengan Tinggi Muka Air (TMA) berkisar antara 10 hingga 70 sentimeter. Sedikitnya 109 KK mengungsi di RSUD dr. Slamet dan sisanya memilih mengungsi di rumah kerabat.

Sedikitnya 9 unit rumah rusak berat, 295 rumah terendam, dan 4 unit fasilitas umum terdampak. Selain itu, Pondok Pesantren Riadul Atfal yang berada di Desa Mekarsari juga terendam.

Pasca kejadian BPBD Kabupaten Garut bersama instansi terkait lainnya langsung mengevakuasi warga ke daratan yang lebih tinggi dan dinilai aman.

Hingga siaran pers ini ditulis, pendataan terhadap jumlah warga terdampak, pengungsi, dan kerugian masih dilakukan oleh tim gabungan.

Prakiraan cuaca di wilayah Provinsi Jawa Barat diprediksi berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai kilat serta angin kencang hingga tiga hari ke depan. Beberapa wilayah di Provinsi Jawa Barat juga dilaporkan terjadi hujan lebat hingga menyebabkan banjir seperti di Kota Depok, Kabupaten Bogor, dan Kota Bekasi.

Halaman:

Editor: Maryadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Puisi: Berharap Tetap

Minggu, 3 Juli 2022 | 21:17 WIB

Puisi: Hanya Bayang

Minggu, 3 Juli 2022 | 21:09 WIB

Investasi Hidroponik: Tak Mati Diterjang Pandemi

Jumat, 17 Juni 2022 | 14:46 WIB

Puisi: Cinta

Minggu, 17 April 2022 | 01:09 WIB
X