• Kamis, 8 Desember 2022

Cerita Kalimantan: Sungai Utik yang Eksotik

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 23:04 WIB
Melihat Sungai Utik  yang bening berbatu. (Inidata.id/Istimewa)
Melihat Sungai Utik yang bening berbatu. (Inidata.id/Istimewa)

Inidata.id - Inilah kunjungan perdana saya main ke Sungai Utik. Sebuah kampung kecil yang eksotik di Desa Batu Lintang, Kecamatan Embaloh, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Kala itu masih zaman batu. Banyak warga mengenakan cincin batu.

Saya bertemu Apai Janggut (Bandi) tetua adat Iban setempat. Namanya begitu tersohor hingga mancanegara. Beliau masih semangat meski usianya sudah merambah senja.

Dia mangajak saya dan rombongan menyusuri hutan adatnya. Tiga jam berjalan kaki hingga sampai ke batas hutan primer dan sekunder. Di sana kami istirahat dan menginap.

Baca Juga: Menakar Kelestarian Tengkawang Kalimantan Bagian Barat

Melihat sungainya yang bening berbatu, ingin rasanya segera menceburkan diri. Tetapi niat itu saya urungkan. Takut kena hukum adat. Maklumlah, saya ada dalam pusaran masyarakat hukum adat yang sangat kuat. Bahkan setiap jejak langkah pun dibarengi dengan hukum-hukum adat.

Membaca Pikiran

Namun, Apai Janggut bisa membaca pikiran saya. Dia mendekat dan menyapa pelan. “Pak Rizal mau mandi?” Saya kaget dan menatap tajam raut wajah Apai. Sesekali saya memandangi janggutnya yang berurai panjang memutih. “Ya Pai, mandi di mana?” Saya balik bertanya.

Apai tersenyum sambil menunjuk ke arah sungai. “Air yang mengalir itu adalah darah kami. Tanah yang kita pijak adalah daging kami. Dan udara bersih yang kita hirup saat ini adalah nafas hidup kami. Pak Rizal silakan berendam di sungai. Gunakan daun aras itu (sambil menunjuk ke arah pohon aras) sebagai sabun,” kata Apai.

Segera saya menceburkan diri ke sungai yang tak begitu dalam. Tak lama kemudian beberapa anak muda yang ikut dalam rombongan juga turun ke sungai. Mereka membawa panah dan kacamata selam tradisional. Alat itu digunakan untuk menangkap ikan. Lauk segar di kala lapar.

Halaman:

Editor: Maryadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ratu Tisha Diusulkan Pimpin PSSI Gantikan Iwan Bule

Minggu, 16 Oktober 2022 | 09:11 WIB
X