Pedagang Buah Ngalap Barokah Sawangan Bersholawat: Niat Ikut Mendengar Pengajian

- Senin, 16 Januari 2023 | 17:05 WIB
Sutiem (57 tahun) pedagang buah yang rutin mengikuti pengajian dan sholawat akbar di wilayah Kabupaten Magelang.  (Inidata.id)
Sutiem (57 tahun) pedagang buah yang rutin mengikuti pengajian dan sholawat akbar di wilayah Kabupaten Magelang. (Inidata.id)

Inidata.id - Pedagang buah Pasar Rejowinangun rutin mengikuti pengajian akbar dan sholawat keliling di wilayah Magelang. Ngalap barokah sholawat para ulama.

Sutiem (57 tahun), warga Desa Bumirejo, Kecamatan Mungkid, mengaku sudah mulai berjualan sejak duduk di bangku sekolah dasar. Sejak saat itu dia tidak sempat lagi melanjutkan sekolah.

"Saya jualan sejak sekolah dasar. Mau melanjutkan SMP tidak boleh sama mamak saya. Katanya daripada nanti nyepeda ketabrak motor," kata Sutiem saat ditemui di lokasi Sawangan Bersholawat bersama Habib Syech di Lapangan Klangon, Desa Sawangan, Senin (16/1/2023).

Sehari-hari Sutiem berjualan buah di Pasar Rejowinangun, Kota Magelang. Jika mendengar ada pengajian akbar atau sholawat terutama yang dipimpin oleh ulama NU, Sutiem akan memboyong dagangannya ke lokasi acara.

Bukan semata-mata mencari keuntungan, niat Sutiem berdagang di lokasi pengajian untuk ikut mendengarkan nasihat dari para ulama. "Niatnya sama mendengarkan pengajian. Soalnya kalau di pasar kan cuma jualan sama shalat thok."

Keuntungan berdagang di lokasi pengajian tidak seberapa dibanding jika berjualan di pasara. Namun Sutiem merasa puas jika dapat mendengarkan pengajian sambil berjualan.

"Kalau hari-hari biasa ya (berjualan) di pasar. Kalau kayak gini ya Alhamdulillah Rp50 ribu kan dapat. Tapi ya saya senang mendengarkan pengajian. Kalau di Tegalrejo tiap Bulan Ruwah (Sa'ban) itu saya kesana," ujar Sutiem.

Di dusun tempat tinggalnya di Desa Bumirejo, Kecamatan Mungkid, Sutiem aktif mengikuti pengajian Muslimat NU. Dia selalu menyempatkan diri mengikuti pengajian keliling selepas berjualan.

"Saya ikut Muslimat NU juga di kampung. Pengajiannya tiap Senin Pon. Habis Maghrib dari jualan di pasar langsung ikut rombongan pengajian atau sholawat."

Memperingati Satu Abad NU, Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan Sawangan menggelar "Sawangan Bersholawat: Merawat Jagad Membangun Peradaban".

Halaman:

Editor: Maryadi

Tags

Terkini

Kasus FS: Persinggungan Politik, Media dan Hukum

Sabtu, 17 Desember 2022 | 17:59 WIB
X